Close Klik 2x

Organ Pada Tumbuhan

Advertisement

Organ Pada Tumbuhan – Organ tumbuhan mencakup akar, batang, daun, bunga, dan buah beserta biji. Selain itu, terdapat pula organ-organ aksesori, seperti trikoma (rambut daun atau batang), duri, dan sulur, atau organ-organ penyimpanan cadangan makanan, seperti umbi, rimpang, dan stolon. Sekelompok organ berhubungan secara fungsional menyusun sistem organ.
Sistem organ tumbuhan adalah sebagai berikut.

A. Akar

Akar adalah bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah, berwarna putih, dan bentuknya meruncing sehinga lebih mudah menembus tanah. Akar berkembang dari meristem apikal ujung akar yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Fungsi tudung akar adalah untuk melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah.
Fungsi akar bermacam-macam, antara lain:
1. mengikat tubuh tumbuhan pada tanah;
2. menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi;
3. menyerap air dan garam-garam mineral terlarut; dan
4. sebagai alat pernapasan.
Berikut adalah bagian-bagian anatomi akar secara garis besar.
1. Epidermis, terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat dengan dinding sel yang tipis supaya mudah ditembus air. Pada zona diferensiasi, epidermis membentuk bulu/ rambut akar yang berfungsi untuk memperluas permukaan penyerapan.
2. Korteks, tersusun atas berlapis-lapis sel dengan dinding yang tipis dan memiliki ruang antarsel yang memungkinkan terjadinya pertukaran gas.
3. Endodermis, berupa satu lapis sel yang rapat dengan penebalan gabus pada dinding sel. Endodermis adalah pemisah antara korteks dan stele.
4. Stele/ silinder pusat, di dalamnya terdapat berkas pengangkut (xilem dan floem).

B. Batang

Batang adalah salah satu organ tumbuhan berpembuluh yang berfungsi sebagai penyangga. Fungsi batang adalah sebagai berikut.
1. Menyalurkan air dan garam mineral dari akar ke daun dan zat makanan dari daun ke seluruh bagian tubuh.
2. Mengarahkan tumbuhan agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
3. Tempat penimbunan cadangan makanan.
4. Tempat melekatnya daun, bunga, dan buah.

C. Daun

Daun adalah organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. Selain itu, fungsi daun adalah sebagai tempat pengeluaran air dengan cara penguapan dan respirasi.
Berikut adalah struktur yang melapisi daun dimulai dari atas.
1. Epidermis atas, terkadang dilapisi oleh kutikula.
2. Jaringan palisade parenkim/ jaringan tiang/ jaringan pagar, mengandung banyak klorofil.
3. Berkas pembuluh. Terdapat xilem dan floem yang berfungsi sebagai alat transportasi dan penguat daun dalam bentuk tulang daun.
4. Jaringan spons parenkim/ bunga karang, mengandung sedikit klorofil.
5. Epidermis bawah, terdapat stomata.

Secara morfologi, daun terdiri dari helaian daun (lamina), tangkai daun (petiolus), dan pelepah daun (folius). Daun tumbuhan dikotil umumnya memiliki daun dengan susunan tulang daun menyirip dan menjari. Sementara daun tumbuhan monokotil umumnya memiliki susunan tulang daun sejajar atau melengkung.

D. Bunga

Bunga adalah alat reproduksi tumbuhan. Berikut adalah bagian-bagian bunga.
1. Kelopak bunga. Umumnya berwarna hijau. Fungsi kelopak bunga adalah untuk membungkus dan melindungi kuncup bunga sebelum mekar.
2. Mahkota bunga. Memiliki warna cerah. Fungsi mahkota bunga adalah guna menarik serangga untuk datang dan menyerbuki bunga. Pada sebuah bunga dikotil biasanya terdapat mahkota bunga berjumlah 4, 5, atau kelipatannya. Sementara pada tumbuhan monokotil berjumlah 3 atau kelipatannya.
3. Benang sari. Benang sari adalah alat kelamin jantan pada tumbuhan. Jika serbuk sari masuk ke putik, maka akan terjadi pembuahan.
4. Putik. Putik adalah alat kelamin betina pada tumbuhan.

Organ Pada Tumbuhan | lookadmin | 4.5