Nomor Atom dan Nomor Massa

Nomor Atom dan Nomor Massa – Pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang sejarah keberadaan atom menurut para ilmuwan. Pada topik ini kalian akan belajar tentang nomor atom dan nomor massa. Untuk memahaminya, simak materi berikut dengan saksama.

Untuk membedakan sifat-sifat unsur yang satu dengan unsur yang lain—mengenai jumlah proton dan jumlah elektron—hal pertama yang harus ditinjau adalah nomor atomnya.

A. Nomor Atom (Z)

Nomor atom menunjukkan jumlah elektron yang beredar mengelilingi inti dan dilambangkan Z. Nomor atom ini merupakan ciri khas suatu unsur. Oleh karena atom bersifat netral, maka jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya. Jadi nomor atom juga menunjukan jumlah proton.

Atom oksigen mempunyai 8 proton dan 8 elektron, sehingga nomor atom oksigen adalah 8.

B. Nomor Massa (A)

Massa elektron sangatlah kecil, sehingga dianggap mendekati nol. Oleh karena itu, massa atom ditentukan oleh massa intinya, yaitu proton dan neutron. Jumlah massa proton dan neutron disebut nomor massa, yang besarnya hampir sama dengan massa atom.
Oleh karena jumlah proton sudah diketahui dari nomor atomnya (Z), maka jumlah neutron dapat dihitung, yaitu nomor massa (A) dikurangi nomor atom (Z) atau Jumlah neutron = A – Z atau nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron. Nomor massa ditulis agak ke atas di belakang lambang atom unsurnya, atau biasanya juga bisa ditulis agak ke atas di depan lambang atom unsurnya, contohnya sebagai berikut.

        Atom oksigen mempunyai nomor atom 8 dan nomor massa 16, sehingga atom oksigen mengandung 8 proton dan 8 neutron. Penulisan lambang atom unsur menyertakan nomor atom dan nomor massa adalah sebagai berikut.

AZX  atau ZXA 

Keterangan:
X = lambang atom unsur;
A = nomor massa; dan
Z = nomor atom.

C. Isotop, Isoton, dan Isobar

Berdasarkan nomor massa dan nomor atomnya, atom dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Isotop

Isotop adalah atom-atom yang memiliki nomor atom sama, tetapi nomor massanya berbeda. Nomor atom ditentukan oleh jumlah proton. Jumlah proton dalam isotop-isotop adalah sama, yang berbeda hanyalah jumlah neutronnya.

Contoh: 2311Na  dan 2411Na 

        Atom di atas memiliki jumlah proton sama, yaitu 11 dan nomor massa berbeda, yaitu 23 dan 24. Isotop-isotop tersebut, merupakan atom natrium yang sifat-sifat kimianya identik. Perbedaan isotop-isotop ini terletak pada sifat fisikanya, seperti massa.

2. Isobar

Isobar adalah atom-atom yang memiliki nomor massa sama, tetapi nomor atomnya berbeda.

Contoh : 146C  dan 147C 

        Atom di atas memiliki nomor massa sama, yaitu 14 dan nomor atom berbeda, yaitu 6 dan 7. Sifat kimia setiap isobar sangat berbeda karena unsurnya memang berbeda. Satu-satunya kesamaan isobar adalah massanya.

3. Isoton

Isoton adalah atom-atom yang memiliki jumlah neutron sama, tetapi jumlah proton berbeda.

Contoh : 146C  dan 168O 

Isoton-isoton memiliki massa dan sifat yang berbeda.

Nomor Atom dan Nomor Massa | lookadmin | 4.5