Close Klik 2x

Nilai Sosial Dalam Cerpen

Advertisement

Nilai Sosial Dalam Cerpen – A. Definisi Cerpen

Pengertian nilai menurut KBBI (2000:783) adalah sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berguna bagi kemanusiaan .Pengertian sosial menurut KBBI (2000:1085) adalah berkenaan dengan masyarakat. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia(1999:961), nilai sosial adalah nilai yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

Dari beberapa definisi di atas dapatlah disimpulkan bahwa nilai sosial adalai nilai yang berkenaan dengan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

B. Pengertian Nilai

Menurut KBBI (2001:783), nilai adalah Sifat-sifat (hal-hal) yg penting atau berguna bagi kemanusiaan, sementara itu menurut Ensiklopedi Sastra Indonesia(2004:542), nilai adalah sesuatu yang penting atau hal-hal yang berguna bagi manusia atau kemanusiaan yang menjadi sumber ukuran dalam sebuah karya sastra.

C. Pengertiannilaisosialdalamcerpen

Menurut Suparyanta, Anton dkk (2007:24), nilai sosial budaya adalah sebuah karya sastra yang mencerminkan aspek sosial budaya suatu daerah tertentu. Sebuah cerpen misalnya, dapat diibaratkan sebagai potret keadaan atau gambaran aktivitas dari masyarakat di daerah tertentu. Nilai sosial yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan tata pergaulan antarai ndividu dalam masyarakat. Nilai-nilai yang berkenaan dengan tata pergaulan antarindividu dalam masyarakat. Nilai sosial digambarkan dengan hubungan antartokoh dalam masyarakatnya baik melalui dialog maupun narasi (bimbie. 22/05/2013. 12:45).

Dari beberapa definisi di atas di atas dapat disimpulkan bahwa nilai sosial dalam cerpen adalah nilai-nilai yang mencerminkan sesuatu yang dianggap baik dalam masyarakat. Untuk lebih memahami, bacalah kutipan cerpen berikut!

D. Contoh Soal dan pembahasannya

Maka, begitu ia turun dari tempatnya, aku ikutan menghambur untuk menyalaminya, mengucapkan selamat atas kesuksesannya sebagai pembicara, dan yang paling penting adalah memuaskan diri, menghisap aroma keringatnya yang takjadi soal lagi walau berbaur dengan bau kerak nikotin yang sangat menyengat itu.

Nilai yang terkandung di dalam teks di atas adalah…
A. Moral
B. Sosial
C. Religi
D. Kesetiaan
E. Perjuangan

Pembahasan :

Jawaban B benar, karena ketika tokoh ‘aku’ mengucapkan selamat atas kesuksesan seseorang, secara sosial, kita dianjurkan untuk mengucapkan selamat atas keberhasilan seseorang dalam meraih prestasi.

Jawaban nilai moral, religi, kesetiaan, perjuangan salah, karena tidak sesuai dengan teks.

Nilai Sosial Dalam Cerpen | lookadmin | 4.5