Nilai Religi

Advertisement

Nilai Religi – A. Definisi

Menurut KBBI (2007: 801), nilai religi adalah nilai-nilai agama yang perlu kita indahkan. Menurut Suyono (2007: 100), nilai religi adalah nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Menurut Anton Suparyanta, Wendi Widya R.D, Diah Erna T(2007: 23), nilai religi adalah nilai yang berkaitan dengan keagamaan. Ada pernyataan-pernyataan praktis yang dihubungkan dengan kesalehan hidup sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001:783), nilai keagamaan konsep mengenai penghargaan tinggi yang diberikan oleh warga masyarakat pada beberapa masalah pokok dalam kehidupan keagamaan yang bersifat suci sehingga menjadikan pedoman bagi tingkah laku keagamaan warga masyarakat bersangkutan.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa yang disebut nilai religi adalah nilai yang berikatan dengan suatu ajaran agama tertentu, menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan.

Dengan kata lain nilai religi adalah nilai-nilai yang berhubungan dengan kepercayaan seseorang kepada sang pencipta, dapat berupa kepercayaan kepada benda-benda, ataupun kepercayaan kepada Tuhan.

B. Ciri-ciri Nilai Religi

  1. Deskripsi tokoh dengan ciri fisik atau simbol-simbol agama tertentu.
  2. Kutipan atau dalil yang berasal dari kitab suci.
  3. Penggambaran nilai-nilai kehidupan yang dilandasi kehidupan agama yang universal, seperti kejujuran, kebaikan, dll.

C. Contoh Soal dan Pembahasan

Pagi-pagi sekali Laras sudah bangun. Setelah merapikan tempat tidurnya, dia mengambil air wudhu dan salat subuh. Sejak kelas III SD dia sudah sholat. Laras ingat perkataan guru agama bahwa anak yang sudah dapat sholat harus menjalankannya. Kalau sudah berumur 10 tahun boleh dipukul orang tuanya jika tidak sholat. Menurut Laras, dia tidak perlu dipukul, melihat ibu dan ayahnya sholat lima waktu dia mencontohnya.

Unsur nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen diatas adalah…
A. Nilai budaya
B. Nilai moral
C. Nilai religi
D. Nilai estetis
E. Nilai politik

Pembahasan :

Jawaban C benar, karena terdapat unsur religi pada pernyataan sejak SD sudah sholat.

Jawaban nilai budaya, moral, estetis, dan politik salah, sebab jawaban yang dikendaki adalah nilai religi.

Advertisement
Nilai Religi | lookadmin | 4.5