Close Klik 2x

Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Pendek

Advertisement

Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Pendek – Siswa mampu menemukan nilai-nilai dalam cerpen.

Tujuan

Siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai sosial dalam cerita pendek.

(Sumber gambar: photobucket.com)

Pada topik sebelumnya, kalian belajar menemukan berbagai nilai moral yang terkandung dalam cerita pendek. Selain nilai moral, di dalam karya cerpen dapat ditemukakan nilai-nilai yang lain, yaitu nilai sosial. Pernahkah kalian menemukan nilai-nilai sosial dari cerpen yang dibaca ? Apa yang dimaksud dengan nilai-nilai sosial ? Bagaimana cara menemukananya. Nah, pada topik pembelajaran ini kalian diajak untuk memahami dan menemukan nilai-nilai sosial yang ada dalam cerpen.

Nilai sosial adalah nilai-nilai yang berkaitan dengan tata laku hubungan sesama manusia (kemasyarakatan). Apa pengaruhnya, apa akibatnya, apa dampaknya terhadap orang lain atau masyarakat pada umumnya jika seseorang melakukan atau berbuat sesuatu. Tentu berbagai kemungkinan akan terjadi.

Misalnya, Rangga mengedarai sepeda motor di jalan kampung yang banyak anak bemain dengan kecepatan tinggi dan suara knalpot yang bising. Meski tidak terjadi kecelakaan, banyak orang merasa was-was atau khawatir dengan perilakunya itu. Banyak orang merasa terganggu dengan kebisingan suara knalpot. Bisa juga remaja lain tertarik dan meniru perilakunya atau menjadi benci kepadanya. Berbagai kemungkinan akan terjadi. Bagaimana kita dapat menemukan nilai-nilai seperti ini dalam cerita pendek?

Cermati penggalan cerita berikut !

Tambah lama tambah panjang juga jadinya deretan itu karena orang-orang yang baru datang terus saja tegak menyambung. Tapi jendela loket itu belum juga terbuka. Kantor pos itu mestinya pukul 08.00 dibuka. Beberapa orang mulai bersungut-sungut dan malah sudah ada yang mengomel keras-keras karena sang pegawai belum juga tampak batang hidungnya.. Dan deretan memanjang hingga mengganggu lalu lalang ke loket lain.

Akhirnya muncul juga pegawai yang ditunggu-tunggu. Seorang wanita separuh baya, berkaca mata, dalam gaun seragam lengkap dengan tanda pangkat kepegawaian yang terpampang di bahunya. Beberapa helai uban tampak di antara rambutnya yang tersusun rapi. setelah duduk di mejanya, sekejap ditatapnya deretan panjang di muka loket itu, seakan-akan hendak dihitungnya jumlah mereka. Sesaat wajahnya berubah mengkerut dan semua mata dalam deretan itu sekaligus membalasnya dengan lontaran rasa jengkel yang tersekat.
(“Kisah di Kantor Pos” Karya: Muhammad Ali)

Setelah kalian mencermati penggalan cerpen tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1) Apa yang dilakukan orang-orang di sebuah kantor pos itu ?
2) Bagaimana kedatangan pegawai kantor pos itu ?
3) Apa akibat atau dampak perilaku si pegawai terhadap orang-orang yang sedang antre menunggu ?

Berikut Jawabannya.

Ya benar, orang-orang sedang antre menunggu kantor pos buka dan mendapatkan pelayanan sesuai dengan keperluan masing-masing. Tetapi apa yang terjadi ? Seorang pegawai kantor pos itu membuka pintu pelayan tidak tepat waktu. Akibatnya, beberapa orang tidak sabar, bersungut-sungut, dan ngomel. karena tidak segera mendapatkan pelayanan. Nah, dari kejadian ini tersirat nilai sosial bahwa orang yang tidak tepat waktu dalam memberikan pelayan kepada orang lain menimbulkan rasa tidak puas, kejengkelan, atau kemarahan.

Yaa, tidak sulit, bukan? Kalian cukup mencermati apa yang telah diperbuat seorang tokoh dan menemukan sikap atau perbuatan tokoh lain yang merupakan akibat atau dampaknya. Hubungan sebab akibat dari sebuah perbuatan, sikap, atau tingkah laku tokoh menjadi kunci untuk menemukan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam sebuah cerpen.

Silakan kalian rajin membaca cerpen agar kalian banyak mendapatkan pengalaman tentang sebab akibat dari perbuatan yang telah dilakukan seseorang. Pada gilirannya nanti kalian bisa menentukan sikap apakah perlu ditiru atau tidak. Selamat belajar ! Semoga kalian berhasil.

Poin Penting

Nilai sosial adalah nilai-nilai yang berkaitan dengan tata laku hubungan sesama manusia (kemasyarakatan). Apa pengaruhnya, apa akibatnya, apa dampaknya terhadap orang lain atau masyarakat pada umumnya jika seseorang melakukan atau berbuat sesuatu.

Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Pendek | lookadmin | 4.5