Close Klik 2x

Nilai Kepahlawanan

Advertisement

Nilai Kepahlawanan – A. Definisi Cerpen

Menurut KLBI (1991: 1080), Cerita pendek (cerpen) adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang pada umumnya memiliki satu tahapan alur cerita.

B. Unsur Ekstrinsik

Menurut Isdriani (2009: 60), unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur dari luar yang mempengaruhi isi karya sastra. Meliputi latar belakang kehidupan pengarang dan nilai-nilai. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang biasanya berkaitan dengan latar belakang pengarang, konsidi ekonomi, sosial, politik, budaya, adat istiadat, religi, psikologi dan lain-lain. Unsur ekstrinsik adalah nilai-nilai yang terkandung dalam cerita (KBBI. 2001: 638). Berdasarkan sumber-sumber di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik adalah unsur dari luar yang berkaitan dengan isi karya sastra.

C. Nilai-Nilai

Menurut Ensiklopedi Sastra Indonesia (2004: 542), nilai adalah sesuatu yang penting atau hal-hal yang berguna bagi manusia atau kemanusiaan yang menjadi sumber ukuran dalam sebuah karya sastra. Nilai adalah ajaran atau etika dalam kehidupan yang dapat dijadikan pelajaran bagi manusia. Nilai-nilai cerpen tercermin dalam kisah cerita maupun sifat dan karakter tokohnya. Nilai-nilai dalam cerpen adalah suatu nilai yang dapat diambil dari sebuah cerpen sebagai media pendidikan bagi pembacanya, yaitu media agar pembaca mengetahui nilai-nilai seperti apa yang bisa diajarkan dan diterapkan di dalam kehidupan nyata (hafakals.blogspot. 21/05/2013. 17: 52)

D. Nilai-Nilai Dalam Cerpen

  1. Nilai moral atau etika.
  2. Nilaisosial.
  3. Nilaibudaya.
  4. Nilaiestetika.
  5. Nilaireligius.
  6. Nilaikepahlawanan.
  7. Nilaikemanusiaan.

E. Nilai Kepahlawanan

Menurut KBBI (1991: 715), kepahlawanan adalah perihal sifat pahlawan (seperti keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban, kesatriaan). Menurut Poerwadarminta (2003: 822), kepahlawanan adalah perihal sifat-sifat pahlawan; keberanian. Kepahlawanan adalah sebuah cara menjadi besar dengan cara yang benar (allexcip.wordpress. 22/02/2013: 12:20). Berdasarkan sumber-sumber di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Nilai Kepahlawanan adalah nilai di dalam suatu cerpen yang menunjukkan adanya hubungan dengan sifat dan jiwa kepahlawanan seperti keberanian, kerelaan berkorban, dan kesatriaan yang dapat diaplikasikan di dalam kehidupan nyata.

F. Contoh Soal dan Pembahasan

Mas Deni sedang terjebak perang di Kamboja. Sebagai tenaga media Mas Deni harus pergi ke negara yang sedang kacau karena peperangan. Mas Deni memberikan segalanya di sana, tak peduli dengan istri ataupun keluarganya. Bahkan pernikahan kami belum genap setahun.“Apatak cukup dengan pergi tengah malam demi pasien?Pasien di sini sudah merepotkan, Mas. Apalagi pasien di sana.”Egoisku muncul.Aku tak sanggup mendengar kata ‘Pergi’ lagi.

Nilai yang terkandung di dalam kutipan cerpenter sebut adalah…
A. Nilai Moral.
B. Nilai Agama.
C. Nilai Kepahlawanan.
D. Nilai Kejujuran.
E. Nilai Keindahan.

Pembahasan :

Jawaban C adalah benar, karena pernyataan “Mas Deni memberikan segalanya disana, tak peduli istri ataupun keluarganya”, menunjukkan ia lebih mementingkan panggilan tugas menolong orang di medan peperangan, meski harus meninggalkan keluarga di tanah air. Seorang dokter yang akan membantu menangani pasien korban perang di Negara Kamboja memiliki jiwa kepahlawanan. Dan pilihan jawaban lain salah, karena tidak tepat.

Advertisement
Nilai Kepahlawanan | lookadmin | 4.5