Nilai Budaya Dalam Cerpen

Nilai Budaya Dalam Cerpen – A. Pengertian Nilai

Nilai adalah sesuatu yang penting atau hal-hal yang berguna bagi manusia atau kemanusiaan yang menjadi sumber ukuran dalam sebuah karya sastra(Ensiklopedi sastra Indonesia. 2006: 542). Nilai adalah sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berguna bagi kemanusiaan(Kamus Bahasa Indonesia. 2011: 356). Nilai adalah sesuatu yang dianggap benar sehingga dijunjung tinggi oleh setiap anggota masyarakat(Dra. Rahayu Dwi Maritini, M. Pd dkk. : 11). Nilai adalah kumpulan sikap perasaan ataupun anggapan terhadap sesuatu hal mengenai baik-buruk, benar-salah, patut-tidak patut, mulia-hina, penting atau tidak penting(Tim sosiologi. 2007: 30). Nilai adalah sifat-sifat yang penting bagi kemanusiaan(Pius Abdillah, Danu Prasetya. 2006: 243).

Dari beberapa pengertian nilai di atas dapat disimpulkan: Nilai adalah sesuatu yang dianggap penting dan benar berguna bagi manusia.

B. Pengertian Budaya

Budaya adalah masalah adat istiadat, kebiasaan, bahasa, dan kepercayaan (Suyono. 2007: 100). Budaya adalah potret keadaan atau gambaran aktivitas dari masyarakat di daerah tertentu(Anton Suparyanta, Wendi Widya R.D, Diah Erna T. 2007: 24). Budaya adalah hal-hal yang berkaitan dengan akal(Ensiklopedi Sastra Indonesia. 2006: 134). Budaya adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam hidup bermasyarakat(Tim sosiologi. 2007: 15). Dari beberapa pengertian budaya di atas dapat disimpulkan Budaya adalah keadaan aktivitas masyarakat tertentu yang menyangkut adat istiadat, kebiasaan, bahasa dan kepercayaan. Jadi dapat dipahami bahwa nilai budaya adalah keadaan aktivitas masyarakat tertentu yang dianggap penting dan benar menyangkut adat istiadat, kebiasaan, bahasa dan kepercayaan.

C. Contoh Soal dan Pembahasan

Lima tahun berlalu setelah Mamat mengawini perempuan itu dalam usia belia, lima belas tahun. Sebagai anak yatim piatu sebatang kara, perempuan itu tak mungkin menolak lamaran Mamat, lelaki berumur dua puluh lima, yang begitu sayang padanya. Dengan berbekal keterampilan di bidang bangunan, Mamat mampu membiayai hidupnya dan menyewa sepetak kamar di pinggiran kota. Kebahagiaannya makin lengkap setelah dari rahimnya lahir seorang anak sehat walaupun saat itu usianya baru enam belas.

Nilai budaya yang tampak pada penggalan cerpen di atas adalah…
A. Mamat mengawini gadis belia.
B. Gadis itu yatim piatu
C. Mamat memiliki keterampilan
D. Mamat mampu membiayai hidupnya
E. Bahagianya lengkap dengan kelahiran seorang anak.

Pembahasan :

Jawaban A benar, karena mengawini gadis belia merupakan budaya orang Timur, bahwa laki-laki dewasa mengawini gadis yang masih belia.

Nilai Budaya Dalam Cerpen | lookadmin | 4.5