Close Klik 2x

Meteoroid dan Meteor

Advertisement

Meteoroid dan Meteor – Dalam topik ini, kalian akan belajar mengenai meteoroid dan meteor. Meteoroid dan meteor merupakan benda langit yang berukuran kecil. Lalu apa perbedaan keduanya? Simak ulasan berikut dengan saksama.

❄ Meteoroid

Meteoroid adalah benda angkasa yang mirip dengan asteroid. Faktor yang membedakan keduanya adalah ukuran. Gabungan Astronomi Internasional atau International Astronomical Union (IAU) menyebutkan bahwa meteoroid adalah benda padat yang melintas di antara planet, yang berukuran lebih kecil dari asteroid dan lebih besar dari atom. Meteoroid berasal dari pecahan asteroid, komet, satelit atau bahkan juga pecahan dari planet kerdil yang ditabrak oleh benda langit.
Ukuran meteoroid bermacam-macam, mulai dari yang kecil seperti kerikil bahkan sekecil debu hingga yang lebarnya satu meter. Meteoroid yang memiliki ukuran seperti debu, disebut sebagai mikrometeorid. Meteoroid mengandung bahan yang mirip dengan bahan dalam benda-benda langit lain, seperti asteroid dan planet. Bahan yang terkandung di dalam meteoroid sebagian besar adalah besi dan nikel. Kandungan material penyusun meteoroid dianalisis menggunakan spektrometer.

Spektrometer merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis kandungan material suatu bahan melalui spektrum cahaya yang dipancarkannya. Setiap bahan akan menghasilkan pola cahaya yang berbeda. Dari sinilah para ahli dapat menentukan bahan yang terkandung dalam meteoroid.

Kadang kala meteoroid dapat ditarik oleh gaya gravitasi planet lain, contohnya bumi. Jika meteoroid tertarik oleh gaya gravitasi bumi, maka meteoroid tersebut akan memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi. Gesekan antara meteoroid dan atmosfer bumi dapat menimbulkan energi panas yang sangat besar, sehingga timbul kilatan seperti api di bagian permukaannya. Fenomena tersebut menggambarkan kepanikan masyarakat dunia seakan-akan bumi akan hancur dan semua manusia yang mendiaminya musnah. Sebenarnya, benturan antara meteoroid dan atmosfer bumi bisa saja terjadi. bahkan mungkin bisa dikatakan sering. Pada poin selanjutnya kalian akan belajar tentang meteor, masih erat kaitannya dengan meteoroid.

❄ Meteor

Meteor adalah meteoroid yang memasuki atmosfer bumi. Meteor sering disebut sebagai bintang jatuh.

(sumber : http//www.desktopnexus.com)
Penyebutan tersebut bukanlah tanpa alasan. Ketika meteor bergesekan dengan atmosfer bumi, maka akan terbentuk nyala api, dan biasanya terlihat oleh penduduk bumi. Kilatan cahaya tersebut biasa disebut meteor.

Benturan yang lebih hebat sebenarnya terjadi jika asteroid atau komet membentur bumi. Para ilmuwan percaya sekitar 66 juta tahun yang lalu, benturan komet/ asteroid telah memusnahkan tiga per empat hewan dan tumbuhan di bumi termasuk dinosaurus. Para ilmuwan berhasil menemukan bahan yang jarang terdapat di bumi. Bahan ini biasanya terdapat di komet/ asteroid.

Meteoroid dan Meteor | lookadmin | 4.5