Close Klik 2x

Merumuskan Pokok-Pokok Isu dalam Artikel

Advertisement

Merumuskan Pokok-Pokok Isu dalam Artikel – Siswa mampu memberikan persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak atau elektronik.

Topik ini merupakan kelanjutan dari topik sebelumnya. Sebelumnya kalian sudah mampu menyampaikan persetujuan atau dukungan pada artikel. Pada topik ini, kalian akan mengetahui langkah-langkah merumuskan pokok-pokok isu dalam sebuah artikel yang akan didukung atau disetujui.

Dukungan atau Persetujuan terhadap Artikel

Artikel berisi informasi faktual atau pendapat seseorang mengenai sebuah permasalahan. Dengan demikian, setiap orang dapat memiliki sikap yang berbeda dalam menanggapi artikel tersebut. Perbedaan sikap yaitu kesetujuan atau ketidaksetujuan terhadap isi artikel yang dibaca atau didengar. Ketidaksetujuan terhadap isi artikel dapat dikemukakan melalui kritik, sedangkan kesetujuan terhadap artikel dapat disampaikan melalui dukungan atau persetujuan.

Langkah-langkah Merumuskan Pokok-pokok Isu dalam Artikel

Pada pelajaran sebelumnya telah dijelaskan teknik penyampaian persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel. Salah satu bagian penting dari teknik penyampaian persetujuan itu adalah merumuskan pokok-pokok permasalahan dalam sebuah artikel. Rumusan pokok-pokok permasalahan tersebut berguna untuk mengidentifikasi apa saja yang perlu dicermati dalam sebuah artikel. Jika pokok permasalahan tersebut telah diidentifikasi, maka seseorang dengan mudah menyampaikan sikapnya, yaitu antara setuju atau tidak setuju.

Dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan tersebut, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Membaca artikel secara cermat;
2. Menandai hal-hal penting terkait permasalahan yang dibicarakan dalam artikel, masalah pokok yang dibicarakan, pihak-pihak yang terlibat masalah, solusi yang ditawarkan, dan sikap penulis;
3. Menuliskan hal-hal penting yang telah ditandai untuk diklasifikasi;
4. Setelah diklasifikasi, cermati keseluruhan rumusan yang telah ditulis;
5. Menentukan sikap akhir, yaitu setuju atau tidak setuju dengan semua rumusan yang telah diklasifikasikan.

Isu Pokok dalam Artikel

Sesuai langkah-langkah merumuskan isu pokok, hal penting yang perlu diketahui adalah hal apa saja yang dapat disebut isu pokok dan bagaimana mengetahui isu pokok di dalam artikel tersebut. Beberapa cara untuk mengetahui isu pokok dalam artikel adalah dengan merumuskan pertanyaan berikut.

  1. Apa isu pokok yang dibicarakan?
  2. Siapa saja yang terlibat dalam isu tersebut?
  3. Hal apa yang berkaitan dengan isu tersebut?
  4. Apa solusi yang diberikan untuk menyelesaikan isu tersebut?
  5. Apa saja dampak yang ditimbulkan isu tersebut?
  6. Seberapa efektif solusi yang diberikan?

Selain itu, masih banyak pertanyaan yang dapat membantu mengetahui pokok-pokok isu di dalam sebuah artikel yang dibaca atau didengar. Namun, demikian pertanyaan tersebut dapat memberikan gambaran untuk menciptakan pertanyaan lain yang serupa.

Contoh Rumusan Pokok-pokok Isu dalam Artikel

             Blog Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Di era teknologi yang semakin canggih, dunia pendidikan harus selalu menyesuaikan diri agar tidak tertinggal. Apalagi, teknologi kian semakin dekat dengan kehidupan masyarakat. Dengan begitu, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran agar proses pembelajaran siswa lebih variatif. Salah satunya adalah pemanfaatan blog untuk pembelajaran bahasa Indonesia.

Blog merupakan salah salah satu aplikasi web yang dapat diakses melalui internet. Blog dapat dikatakan memiliki kesamaan dengan jurnal yang dapat berisi tulisan-tulisan penggunanya. Pembuatannya pun cukup mudah, hanya memerlukan koneksi internet dan pengetahuan dasar yang sangat sederhana. Namun demikian, blog memiliki fungsi yang penting dan manfaat yang banyak, salah satunya sebagai media pembelajaran, khususnya dalam materi kemampuan menulis.

Berdasarkan artikel tersebut, rumusan masalah yang dapat dikemukakan adalah:
1. Isu utama : pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran di sekolah
2. Solusi : blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia
3. Dampak : akan memudahkan siswa mempelajari bahasa Indonesia karena teknologi internet sudah dekat dengan kehidupan siswa

Dengan rumusan sederhana tersebut, dapat dilihat bahwa beberapa pokok-pokok isu yang ada di dalam penggalan artikel tersebut. Setelah merumuskan pokok permasalahan tersebut, maka pembaca dapat memberikan sikapnya. Jika pembaca memberikan setuju dengan isi artikel, maka dapat disampaikan dengan persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel tersebut.

Poin Penting

  1. Artikel merupakan tulisan yang berisi informasi, pendapat, atau pandangan seseorang mengenai berbagai hal disertai dengan argumentasi dan data yang faktual.
  2. Setiap orang memiliki sikap yang berbeda dalam menanggapi sebuah artikel, yaitu setuju dan tidak setuju. Pembaca yang setuju dapat menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel tersebut.
  3. Menyampaikan persetujuan atau dukungan terhadap isi artikel dapat dilakukan dengan memerhatikan langkah-langkahnya. Salah satu langkah penting adalah merumuskan pokok-pokok isu dalam artikel tersebut.
  4. Merumuskan pokok-pokok isu dalam sebuah artikel dapat dilakukan dengan mengemukakan beberapa pertanyaan, seperti: apa masalah utama yang diangkat, solusi apa yang ditawarkan, siapa saja yang terkait masalah tersebut, dan lain-lain. Dengan demikian, pembaca dapat menyatakan persetujuan setelah melihat rumusan masalah tersebut.
Merumuskan Pokok-Pokok Isu dalam Artikel | lookadmin | 4.5