Close Klik 2x

Meringkas Isi Teks

Advertisement

Meringkas Isi Teks – A. Definisi Meringkas/Merangkum

Menurut Anton Suparyanta(2007: 110), merangkum/meringkas adalah kegiatan menyatukan/merangkai berbagai pendapat yang ada ke dalam bentuk ringkasan pokok-pokok pendapat.Menurut Pudji Isdriani(2006: 152), ringkasan adalah sebuah cara menyajikan karangan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang aslinya.Menurut Suyono(2007: 131), meringkas merupakan kegiatan memendekkan atau mempersingkat suatu bacaan dengan maksud agar pembaca lebih memahami bacaan tersebut.Menurut Poerwadarminto(1985: 1999), merangkumkan adalah mengikhtisarkan uraian dan sebagainya menjadi ringkasan.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwameringkas adalah kegiatan menyingkat suatu bacaan dengan mengambil pokok-pokok pikirannya saja untuk memudahkan pembaca memahami isi bacaan.

B. Definisi Teks

Menurut Poerwadarminto(1985: 1159), teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang; kutipan dari kita suci untuk pangkal ajaran atau alasan; bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dsb.Maka dari definisi meringkas dan definisi teks di atas, dapat disimpulkan bahwa : meringkas isi teks adalah kegiatan menyingkat isi teks dengan hanya mengambil pokok-pokok pikirannya saja, tanpa mengubah urutan isi dan mempertahankan sudut pandang pengarang dengan tujuan memudahkan pembaca memahami isi bacaan sebagai dasar pembelajaran.

C. Macam-macam Ringkasan

  1. Rangkuman, yaitu meringkas ide pokok sesuai dengan teks asli, bentuknya lebih pendek, yang disajikan pokok-pokok kalimat saja
  2. Ikhtisar, yaitu meringkas ide pokok secara berurutan, garis besar, dapat disajikan dalam bentuk teks, paragraf, bagan, kerangka dan resume.

D. Syarat-syarat dalam membuat ringkasan

  1. Bentuk penyajian singkat dari suatu karangan asli
  2. Mempertahankan urutan pembahasan dan sudut pandang pengarang atau penulisnya.
  3. Tetap memperhatikan perbandingan bagian atau dari karangan asli.

E. Contoh Soal dan Pembahasan

Merujuk pada beberapa bidang studi perekonomian. Mardijono menyampaikan kenaikan satu persen pertubuhan ekonomi nasional dapat menyerap tenaga kerja yang lebih kurang 400.000 orang. Jateng menyumbang sekitar 10 persen pada pertumbuhan nasional, maka setiap kenaikan pertumbuhan satu persen diperkirakan dapat menyediakan lapangan jkerja bagi 400.000 orang. “Dengan tingkat pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,41% maka dapat terserap tenaga kerja 176.400 orang.” Sambungnya. Kita berharap Indonesia dapat terus meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Dengan demikian, dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Ringkasan artikel tersebut adalah…
A. Jateng menyumbang sekitar 10 persen pada pertumbuhan, berarti menyediakan lapangan kerja untuk 400.000 orang.

B. Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

C. Tahun ini tenaga kerja Jateng yang terserap 176.400 dan itu membarikan sumbangan pada pertumbuhan nasional.

D. Kenaikan satu persen di Jateng diperkirakan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

E. Kenaikan satu persen pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah berbed dalam menyerap tenaga kerja

Pembahasan :

Jawaban B benar, karena kalimat ” Kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja”, isinya mencakup/ dapat meringkas semua ide pokok yang semuanya mengacu kepada kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

Pilihan jawaban lain salah, karena tidak mencakup keseluruhan ide.

Meringkas Isi Teks | lookadmin | 4.5