Meringkas Berita

Advertisement

Meringkas Berita – Setiap hari, kita selalu medengarkan informasi baik elektronik maupun nonelektronik. Kita harus selektif dalam memilih informasi yang kita dengar.

Merangkum adalah meringkas sebuah berita adalah membuat berita dalam bentuk pokok-pokok berita saja. Untuk mendaftar hal-hal pokok, diperlukan pemahaan dan pengetahuan tentangberita yang akan diringkas. Kegiatan merangkum diperlukan untuk mempermudah dalam memahami suatu berita dan mengantarkan kita pada hal-hal yang dianggap penting saja sehingga hemat waktu.

Di bawah ini ada beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk membuat rangkuman :
a. Mendengarkan berita dengan seksama
b. Mencatat pokok-pokok berita

Pokok-pokok informasi meliputi sebagai berikut :
• Jawaban atas pertanyaan apa
• Jawaban atas pertanyaan siapa
• Jawaban atas pertanyaan kapan
• Jawaban atas pertanyaan dimana
• Jawaban atas pertanyaan mengapa
• Jawaban atas pertanyaan bagaimana

c. Membuat ringkasan

Susunlah pokok-pokok informasi tersebut menjadi sebuah karangan singkat. Apabila diperlukan, tambahkan dengan kata-kata Anda sendiri.

Contoh :

Apa yang diungkapkan?

Di Indonesia, petani masih terlalu boros dalam memanfaatkan irigasi.

Kenapa bisa dikatakan boros air?

Petani biasanya merendam padi terlalu lama sehingga kebutuhan air untuk irigasi sangat besar, yaitu mencapai 70 persen dari sumber air yang tersedia.

Apa solusinya?

Telah dikembangkan rekayasa teknologi untuk irigasi sehingga air dapat dihemat.

Siapa yang megatakan petani Indonesia boros air?

Ketua Komite Nasional untuk International Commission Irigation and Drainage (ICID), Soenarno, di Jakarta, Selasa (29/11).

Dari pokok-pokok informasi di atas dapat diringkas sebagai berikut :

Petani Indonesia terlalu boros ari dalam irigasi. Menurut Ketua Komite Nasional untuk International Commission Irigation and Drainage (ICID), Soenarno, di Jakarta, Selasa (29/11) petani biasanya merendam padi terlalu lama sehingga kebutuhan air untuk irigasi sangat besar, yaitu mencapai 70 persen dari sumber air yang tersedia. Untuk mengatasi masalah tersebut telah dikembangkan rekayasa teknologi untuk irigasi sehingga air dapat dihemat.

Advertisement
Meringkas Berita | lookadmin | 4.5