Close Klik 2x

Merangkum Isi Buku

Advertisement

Merangkum Isi Buku – Siswa mampu menulis gambaran umum isi buku secara ringkas.

Dua tahap sebelumnya untuk membuat resensi buku tentu kamu sudah pahami, bukan? Tahap mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta tahap menuliskan kelebihan dan kekurangan buku dapat kamu lakukan dengan melihat langsung buku tersebut. Dengan kata lain, kamu melakukan tahap-tahap sebelumnya secara objektif, apa adanya di dalam buku. Tak terkecuali dengan tahap yang akan kamu pelajari sekarang yaitu merangkum isi buku.

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa merangkum adalah proses meringkas bacaan dengan tetap mempertahankan esensi dan urutan setiap pembahasan. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk merangkum sebuah buku adalah sebagai berikut.

1. Menandai kata-kata yang dianggap sulit dimengerti, misalnya penggunaan bahasa ilmiah yang tidak diserta penjelasan.

Contoh:

Beban psikologis terkadang membuat manusia menjadi lupa aturan. Pada beberapa kasus, orang rela mengorbankan dirinya dengan mencicipi narkoba agar bebannya terasa berkurang –menurutnya–bahkan ada pula yang berani melakukan euthanasia agar bebannya hilang. Padahal tanpa mereka sadari perbuatan-perbuatan tersebut justru akan semakin menambah beban mereka. Tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

2. Menggarisbawahi kalimat-kalimat atau hal-hal yang penting.

3. Menentukan gagasan pokok pada setiap pembahasan.

Contoh:

Dalam hubungan yang agresif, bisa sampai terjadi penyerangan terhadap orang lain. Sebagai contoh ada orang yang mengkritikmu lalu kamu meresponsnya dengan menantang atau marah. Tindakan agresif biasanya menyebabkan respons negatif atau pembalasan dari orang lain.

Respons pasif bersifat sebaliknya: kamu nggak banyak melakukan sesuatu. Orang lainlah yang memegang kendali, bukan kamu. Orang-orang pasif membiarkan saja semuanya berlalu. Mereka nggak mengambil keputusan atau memilih.

Di sisi lain, tindakan tegas bakal membuatmu mendapatkan apa yang kamu ingini dan membikin kamu bisa mengekspresikan diri secara langsung dan jujur. Bersikap tegas akan membuatmu mendapatkan apa yang kamu inginkan tanpa menyakiti orang lain atau menarik perhatian.

(Herron, Jon dan Val J. Peter. I Love Me. Hlm: 39-40)

4. Menyusun kalimat-kalimat yang telah ditemukan pada tahap-tahap sebelumnya menjadi beberapa paragraf.

Contohnya:

Tiga cara pokok berinteraksi dengan orang lain: (1) secara agresif yang dapat menyebabkan penyerangan terhadap orang lain, (2) secara pasif yang membuatmu tidak banyak melakukan sesuatu karena kendali dipegang orang lain, (3) secara tegas yang membuatmu mendapatkan apa yang kamu inginkan dan ekspresikan secara langsung dan jujur.

Perhatikan Contoh

Perhatikan contoh rangkuman buku di bawah ini!

Poin Penting

  1. Merangkum adalah proses meringkas bacaan dengan tetap mempertahankan esensi dan urutan setiap pembahasan.
  2. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk merangkum sebuah buku yaitu sebagai berikut.
  • Menandai kata-kata yang dianggap sulit dimengerti.
  • Mengarisbawahi kalimat-kalimat atau hal-hal yang penting.
  • Menentukan gagasan pokok/inti pada setiap pembahasan.
  • Menyusun kalimat-kalimat yang telah ditemukan pada tahap-tahap tersebut menjadi beberapa paragraf.
Merangkum Isi Buku | lookadmin | 4.5