Close Klik 2x

Merangkum dan Menyimpul Tabel atau Grafik

Advertisement

Merangkum dan Menyimpul Tabel atau Grafik – Siswa mampu merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai.

Informasi berupa data atau angka lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Tabel atau grafik pun seringkali digunakan untuk melengkapi penjelasan dalam karya tulis, baik artikel maupun penelitian ilmiah. Mari kita ingat kembali pelajaran sebelumnya, mengenai pengertian tabel dan grafik.

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi yang biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak atau dibaca. Dengan demikian, pada saat membaca tabel, kita harus memperhatikan bagian lajur dan deret untuk memperoleh data yang akurat.

Adapun grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukis¬kan dengan garis atau gambar. Data-data dari tabel dapat dibuat menjadi bentuk grafik sehingga terlihat jelas gambaran tentang data tersebut.

MERANGKUM DAN MENYIMPULKAN ISI TABEL DAN GRAFIK

Merangkum dan menyimpulkan isi tabel/ grafik dapat kita lakukan jika kita telah memahami seluruh informasi yang disajikan melalui kegiatan membaca memindai. Kita dapat memahami tabel/ grafik dengan cara membaca memindai.

Adapun yang dimaksud rangkuman/ ringkasan (precis) adalah penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang atau memendekkan bacaan dengan mengambil inti sari bacaan tanpa mengubah struktur wacana. Kegiatan merangkum atau meringkas ini pun dapat diterapkan untuk memperoleh informasi dari tabel atau grafik.

Sedangkan kesimpulan adalah uraian padat yang berisi intisari dari informasi sumbernya. Kesimpulan merupakan pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya dan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir deduktif dan induktif (KBBI).

Untuk dapat menyimpulkan isi tabel/ grafik, kita dapat menguraikan terlebih dahulu isi tabel/ grafik tersebut dalam bentuk rangkuman atau ringkasan. Melalui rangkuman tersebut kita dapat menyimpulkan isi tabel/ grafik.

LANGKAH-LANGKAH MERANGKUM DAN MENYIMPULKAN

Langkah-langkah merangkum dan menyimpulkan tabel/ grafik sebagai berikut.
1. Membaca tabel atau grafik untuk memperoleh kesan umum dan isi informasi yang disajikan dalam tabel/ grafik dengan membaca memindai.
2. Mencatat gagasan utama atau hal-hal pokok yang disampaikan dalam tabel/ grafik tersebut.
3. Menyusun pokok-pokok informasi tabel/ grafik menjadi satu paragraf atau lebih.

Contoh

Perhatikan tabel berikut!

Rangkuman dan simpulan isi tabel
Tabel tersebut menjelaskan tentang kualifikasi tenaga pendidikan di Indonesia. Jumlah tenaga pendidikan mulai dari TK sampai dosen di perguruan tinggi telah memiliki kualifikasi pendidikan. Untuk pengajar TK, sebanyak 90,57% memiliki kualifikasi pendidikan D1. Untuk tenaga pengajar di SD pun kualifikasi pendidikannya mayoritas D1 dan D2. Kondisi tersebut harus ditingkatkan. Hal tersebut berbeda dengan pengajar di SMA, SMK, dan perguruan tinggi yang mayoritas kualifikasi pendidikannya sudah S1.
Berdasarkan tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa kualifikasi pendidikan guru TK dan SD masih rendah dibanding dengan guru SMA dan SMK.

Poin Penting

Ingatlah untuk membuat rangkuman dan simpulan tabel/ grafik perhatikan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Membaca tabel atau grafik untuk memperoleh kesan umum dan isi informasi yang disajikan dalam tabel/ grafik.
2. Mencatat gagasan utama atau hal-hal pokok yang disampaikan dalam tabel/ grafik tersebut.
3. Menyusun pokok-pokok informasi tabel/ grafik menjadi satu paragraf atau lebih.

Merangkum dan Menyimpul Tabel atau Grafik | lookadmin | 4.5