Menyusun Teks Pidato

Menyusun Teks Pidato – Siswa mampu menyusun teks pidato.

Setelah sebelumnya kalian diajak untuk memahami stuktur dan komposisi pidato serta bagaimana cara menentukan topik dan tujuan pidato, kini kalian akan diajak untuk belajar menyusun teks pidato. Tujuannya adalah agar kalian dapat menyusun teks pidato dengan baik.

Sama halnya dengan menulis sebuah karangan, penulisan teks pidato juga memiliki tahapan-tahapan.
Ada beberapa tahapan dalam menyusun teks pidato, di antaranya sebagai berikut.
•Pengumpulan bahan
Setelah kalian menentukan topik dan tujuan pidato, hal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan materi untuk pidato. Kalian bisa menulis teks pidato mulai dari hal apa yang kalian ketahui. Jika merasa kurang, baru cari data yang lengkap di buku, majalah, atau surat kabar.

•Pembuatan kerangka pidato
Sebelum mencari bahan-bahan pidato, Anda juga bisa membuat kerangka pidato terlebih dahulu. Kerangka yang dibuat sebelum mencari bahan pidato hanya berupa pokok-pokoknya saja. Sementara kerangka yang terperinci baru dibuat setelah bahan-bahan pidato terkumpul. Buatlah kerangka dengan tata urut yang baik. Dalam kerangka ini, harus tampak adanya kesatuan dan koherensi (kepaduan) antarbagian.

Inti dari kerangka pidato antara lain:
1. Pendahuluan yang berisi salam pembuka, puji syukur, dan ucapan terima kasih.
2. Isi, berupa muatan uraian pokok yang terdiri atas pokok utama atau materi utama dan subtopik.
3. Penutup yaitu bagian yang memuat simpulan, harapan atau ajakan (jika ada) dan salam penutup.

•Pembuatan uraian isi pidato
Setelah membuat kerangka pidato, kini saatnya kalian membuat isi teks pidato secara utuh. Dengan menggunakan kerangka pidato yang telah dibuat, kalian bisa melakukan dua hal. Pertama, kalian bisa menggunakan kerangka pidato sebagai bahan untuk berpidato yaitu dengan menggunakan metode ekstemporan. Kedua, menulis naskah pidato secara utuh berdasarkan kerangka pidato kemudian kalian membaca atau menghapalkannya.

Perhatikan contoh kerangka pidato berikut.

• Salam pembuka
• Pendahuluan
• Isi Pidato:
• Peredaran narkoba yang semaikn meningkat
• Dampak penggunaan Narkoba
• Pencegahan terhadap narkoba di rumah dan di sekolah
• Kesimpulan dan ajakan untuk menjauhi narkoba
• Salam penutup

Dari kerangka pidato di atas, bisa dikembangkan menjadi naskah pidato berikut.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati
Bapak dan Ibu guru serta para staf Tata Usaha beserta jajarannya yang kami hormati
Tamu Undangan yang kami hormati
Serta rekan-rekan yang saya cintai

      Segala puji marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang narkoba.

      Hadirin sekalian,
Di negara kita ini, jumlah pengguna narkoba sudah semakin meningkat. Banyak hal yang bisa menyebabkan peredaran narkoba di negara kita ini menjadi semakin meningkat. Salah satunya adalah lemahnya pengawasan orang tua serta lemahnya penegakan hukum di negara kita.

      Penyalahgunaan narkoba serta zat adiktif lainnya memang memberikan dampak buruk yang sangat luas dan kompleks. Dampak dari penyalahgunaan narkoba ini antara lain terjadinya perubahan perilaku, menurunnya produktivitas kerja, gangguan kesehatan, serta memicu tindakan kriminal dan tindakan kekerasan lainnya.

      Penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya ini bisa dicegah dengan berbagai program antara lain dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial, membentengi diri dengan iman dan takwa, serta memilah-milih siapa saja yang bisa kita jadikan teman.

      Para pengguna narkoba ini didominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Banyak pengedar narkoba yang menjadikan remaja dan anak sekolah sebagai sasaran empuk. Para remaja yang masih labil dan mencari jati diri sering kali menjadi korban dari para pengedar narkoba.

      Hal inilah yang harus lebih diperhatikan oleh orang tua dan para pendidik di sekolah. Sekolah sebagai tempat pendidikan sudah selayaknya menjadi lingkungan yang bisa membuat anak aman dan nyaman. Sebagai upaya untuk menekan peningkatan penyalahgunaan narkoba, pihak sekolah sudah memberikan berbagai penyuluhan serta pengetahuan akan dampak dari narkoba. Para guru juga diupayakan lebih dekat dengan anak didik sehingga mereka bisa merasa dekat dan nyaman berada di sekolah.

      Namun demikian, peran orang tua di rumah juga tidak kalah pentingnya. Perhatian dari orang tua selalu dibutuhkan oleh anak sebagai kebutuhan dasar. Dalam hal ini, orang tua sebaiknya meluangkan waktu yang cukup untuk anak. Entah itu setelah pulang kerja atau sebelum tidur. Usahakanlah terjalin komunikasi yang baik antara anak dan orang tua. Dengan demikian, anak tidak akan merasa kekurangan kasih sayang dan perhatian dari orang tua.

      Oleh karena itu, marilah kita sebagai orang tua di rumah maupun orang tua di sekolah merangkul anak-anak agar tidak terjerumus kepada narkoba. Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Poin Penting

• Penyusunan teks pidato bisa dimulai dengan membuat kerangka pidato lalu mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah teks pidato utuh.
• Kerangka pidato juga bisa digunakan sebagai teks pidato dengan menggunakan metode pidato eksptemporan.

Menyusun Teks Pidato | lookadmin | 4.5