Close Klik 2x

Menyusun Simpulan Isi Berita

Advertisement

Menyusun Simpulan Isi Berita – Siswa mampu menyusun simpulan isi berita.

Pernahkah kamu membaca berita di majalah atau koran? Berita adalah informasi tentang suatu hal atau peristiwa. Membaca atau mendengarkan berita sangat mengasyikkan karena kamu bisa mengetahui kejadian di seluruh dunia meskipun tidak berada di sana.

Nah, dalam topik ini, kamu akan belajar mendengarkan berita. Harapannya, kamu bisa menarik intisari dari berita yang kamu dengar, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuanmu.

Dalam topik sebelumnya, kamu telah belajar menemukan pokok berita. Sekarang kita akan belajar menyusun simpulan dari isi berita tersebut. Mari baca kembali teks berita di bawah ini dalam sekali baca! Kamu juga bisa minta temanmu membacakannya untukmu.

Pokok Berita

Pokok berita merupakan fakta-fakta penting yang terdapat dalam sebuah berita. Pokok berita bisa ditemukan dengan menggunakan panduan 5W1H atau Adiksimba berikut ini.

  1. Apa yang terjadi? (what)
    Peristiwa yang terjadi adalah gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter.
  2. Di mana peristiwa itu terjadi? (where)
    Gempa bumi 7,8 Skala Richter terjadi di Nepal.
  3. Kapan peristiwa itu terjadi? (when)
    Gempa bumi 7,8 Skala Richter terjadi hari Sabtu, 25 April 2015.
  4. Siapa yang mengalami? (who)
    Gempa menimpa seluruh masyarakat Nepal, termasuk sekitar 2.000 korban jiwa.
  5. Mengapa hal itu terjadi? (why)
    Gempa terjadi karena Nepal berada di kawasan garis patahan, dimana lempengan India dan lempengan Eurasia bertabrakan 40-50 juta tahun lalu, sehingga membuat Nepal rawan gempa.
  6. Bagaimana peristiwa itu terjadi? (how)
    Gempa mengguncang dan memmorak-porandakan Nepal, hingga menelan hampir 2.000 korban jiwa. Kathmandu, ibu kota Nepal porak-poranda dan lumpuh total. Demikian juga dengan rumah warga, gedung, dan bangunan bersejarah.

Menyusun Simpulan

Kita dapat menyusun kembali simpulan isi berita berdasarkan pokok berita. Di dalam simpulan, kita tidak perlu menuliskan kembali seluruh isi berita, cukup bagian paling penting saja, yang bisa kamu dapatkan dari pokok berita yang sudah kamu temukan sebelumnya.

Caranya adalah dengan merangkaikan pokok-pokok berita tersebut dengan menggunakan kalimatmu sendiri menjadi kalimat yang utuh. Kamu juga bisa menambahkan kata penghubung atau penjelas agar kalimatnya lebih enak dibaca dan lebih runtut. Ingat, menulis simpulan tidak boleh merubah fakta dari berita, juga harus ditulis secara sistematis atau berurutan.

Contoh simpulan yang dapat dibuat dari berita di atas:

Poin Penting

  1. Dalam menulis simpulan, kita tidak perlu menuliskan kembali seluruh isi berita, melainkan cukup bagiannya yang paling penting saja (pokok berita).
  2. Cara menyusun simpulan adalah dengan merangkaikan pokok-pokok berita hingga menjadi kalimat yang utuh, lalu menambahkan kata penghubung atau penjelas agar kalimatnya lebih enak dibaca dan lebih runtut.
  3. Dalam menulis simpulan kita tidak boleh merubah fakta dari berita.
Menyusun Simpulan Isi Berita | lookadmin | 4.5