Menyunting Teks Narasi Hasil Wawancara

Menyunting Teks Narasi Hasil Wawancara – Siswa mampu menyunting teks narasi hasil wawancara

Di pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai wawancara, mendalami tentang kalimat langsung dan kalimat tidak langsung, dan mencoba mengubah teks wawancara menjadi teks narasi. Sekarang, mari kita belajar menyunting teks narasi yang telah kita buat!

Menyunting Teks Narasi

Setelah teks narasi kita jadi, masih ada satu langkah lagi yang perlu kita lakukan, yaitu menyunting teks narasi tersebut. Menyunting artinya adalah memperbaiki tulisan agar enak dibaca dan tidak ada kesalahan dalam penulisan.

Dalam topik ini, kamu akan belajar menyunting teks narasi. Caranya, setelah narasi selesai ditulis, cobalah baca kembali narasi tersebut secara keseluruhan. Bisa juga meminta temanmu atau orang lain untuk ikut membacanya.

Dalam menyunting teks narasi, kamu bisa menyusun ulang kalimat tidak langsung agar mejadi sebuah uraian yang mengalir dan menarik untuk dibaca. Urutannya boleh divariasikan agar tidak membosankan, selama tidak mengubah inti dari kalimat tersebut.

Oh iya, kamu juga boleh menambahkan keterangan yang kamu dapatkan dari hasil mengamati selama proses wawancara. Tujuannya adalah agar narasimu semakin akurat dan tidak membosankan. Misalnya tentang suasana tempat atau lokasi wawancara. Selain itu, jangan lupa untuk memerhatikan juga hal-hal berikut!

  1. kelengkapan isi,
  2. penggunaan bahasa baku,
  3. pemilihan kata,
  4. ketepatan tanda baca, dan
  5. ketepatan huruf kapital dan huruf kecil.

Yuk, kita coba menyunting teks narasi!

Perhatikan Contoh

Teks Narasi sebelum Disunting

Teks Narasi setelah Disunting

Bagaimana? Sekarang teks narasimu menjadi jauh lebih menarik untuk dibaca, kan?

Poin Penting

Poin-poin penting dalam topik “Menyunting Teks Narasi” adalah sebagai berikut.

  • Dalam menyunting, kamu bisa menyusun ulang kalimat tidak langsung agar menjadi sebuah uraian yang mengalir dan menarik untuk dibaca.
  • Dalam menyunting, urutannya boleh divariasikan agar tidak membosankan, selama tidak mengubah inti dari kalimat tersebut.
  • Dalam menyunting, hasil mengamati selama proses wawancara boleh dimasukkan.
  • Dalam menyunting, perlu diperhatikan aturan baku penulisan paragraf.
Menyunting Teks Narasi Hasil Wawancara | lookadmin | 4.5