Menyunting Paragraf Eksposisi

Menyunting Paragraf Eksposisi – Siswa dapat menyunting paragraf eksposisi dengan memperhatikan stuktur teks yang tepat.

Masih ingatkah kalian tentang eksposisi? Eksposisi adalah uraian atau paparan tentang sesuatu baik berupa ide, buah pikiran, atau pendapat. Ide atau pendapat dapat dijelaskan dengan disertai data yang akurat dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sebelum kalian menulis paragraf eksposisi, alangkah baiknya jika kalian ketahui dahulu apa saja yang ada dalam teks eksposisi tersebut atau struktur teks eksposisi. Struktur teks eksposisi adalah pembukaan, isi dan penegasan ulang. Coba kalian cermati paragraf berikut.

Perhatikan!

(1) Sampah tergolong dalam kategori barang yang tidak disukai banyak orang. (2) Selain sampah dapat mencemari lingkungan, sampah juga dapat menimbulkan beberapa penyakit. (3) Namun, tahukah kalian kalau ternyata sampah dapat memberikan keuntungan yang sangat besar? (4) Jika diolah dengan baik ,sampah akan berubah menjadi barang yang bermanfaat. (5) Dengan demikian, sampah tidak akan tergolong barang yang dijauhi lagi. (6) Malahan sebaliknya, sampah dapat meraup rupiah yang sangat besar.

Marilah kita bahas struktur teks di atas. Struktur teks di atas terdiri dari pembukaan, isi, dan penegasan ulang. Kalimat (1) merupakan pembukaan paragraf karena berisi tentang pengenalan terhadap isi paragraf. Ketika membaca kalimat 1, pembaca tahu kalau paragraf tersebut akan membahas tentang sampah. Kalimat 2, 3, dan 4 merupakan isi paragraf. Ketiga kalimat tersebut berisi penjelasan tentang sampah. Kalimat berupa penegasan ulang terdapat pada kalimat 5 dan 6. Kalimat tersebut menegaskan kembali tentang kalimat 1.

Ada 5 langkah yang harus kalian perhatikan di saat membuat paragraf ekspositif. Pertama, tentukan topik terlebih dahulu. Kedua, tentukan tujuan yang akan dicapai. Ketiga, pilih data yang sesuai dengan topik. Keempat, buatlah kerangka sesuai dengan topik. Kelima, perluas kerangka menjadi karangan.

Menyunting Paragraf Ekspositif

Setelah kalian dapat menulis eksposisi dengan baik. Kalian tentu dapat menyunting paragraf ekspositif dengan baik pula.

Menyunting merupakan kegiatan menyiapkan naskah menjadi lebih baik dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur).

Langkah-langkah menyunting isi paragraf ekspositif adalah sebagai berikut.

  1. Membaca kalimat demi kalimat dalam teks.
  2. Memperbaiki tanda baca dan ejaan.
  3. memperbaiki keterpaduan paragraf.
  4. mengklasifikasikan teks pada tesis, argumen atau penjelasan, dan penegasan kembali.
  5. Menghilangkan kalimat yang mengandung arti eksplisit berupa ajakan melakukan sesuatu yang diinginkan penulis.

Poin Penting

Pedoman yang dipakai dalam menyunting teks eksposisi berdasarkan struktur isinya adalah keterpaduan kalimat dalam setiap paragraf .Teks eksposisi harus memiliki tesis, penjelasan, dan penegas ulang dengan baik dan benar.

Menyunting Paragraf Eksposisi | lookadmin | 4.5