Menyunting Paragraf Deskriptif

Menyunting Paragraf Deskriptif – Siswa mampu menyunting paragraf deskriptif.

Dalam pembelajaran sebelumnya, kalian sudah belajar tentang penggunaan frasa adjektif dalam penulisan paragraf deskriptif. Frasa adjektif merupakan frasa yang intinya berupa kata sifat atau adjektif. Frasa ini digunakan dalam paragraf deskriptif agar penggambaran bisa dilakukan dengan lebih jelas dan menarik.

Nah, kali ini kalian akan belajar tentang bagaimana menyunting paragraf deskriptif. Setelah kalian selesai menulis sebuah paragraf deskriptif, kalian tentu perlu menyuntingnya. Tahukah kalian apa itu menyunting? Menyunting bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan memperbaiki dan menyempurnakan tulisan. Dalam penyuntingan ini, sebuah tulisan akan diperbaiki dalam berbagai segi kebahasaan, mulai dari penulisan huruf dan kata hingga keterpaduan paragraf.

Dalam proses penyuntingan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut.

Perhatikan!

• Ketepatan dalam penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan dalam penggunaan tanda baca. Dalam hal ini, kalian harus memeriksa huruf, kata, tanda baca, serta lambang bilangan, apakah sudah sesuai atau belum. Misalnya, penggunaan titik, huruf kapital, penggunaan titik koma, adakah huruf yang terbalik, huruf yang tertinggal, dan sebagainya.
• Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan maksud yang sesuai dengan kondisi dan situasi tertentu.
• Penggunaan kalimat efektif. Syarat-syarat kalimat bisa dikatakan efektif antara lain logis atau masuk akal, hemat (tidak menggunakan kata berlebihan), dan padu (hubungan antarunsur kalimat tidak terganggu).
• Kalimat yang baik mengandung struktur S-P. Tapi, untuk hal-hal tertentu, kalimat yang digunakan bisa juga berupa kalimat tidak lengkap.
• Keterpaduan paragraf. Syarat-syarat sebuah paragraf bisa dikatakan padu antara lain: lengkap (terdiri atas kalimat utama dan penjelas); memiliki kesatuan gagasan pokok; kalimat-kalimat disusun secara runtut; dan hubungan antarkalimat jelas.

Setelah kalian mengetahui apa-apa saja hal yang harus diperhatikan dalam menyunting paragraf deskriptif, berikut ini langkah-langkah penyuntingan paragraf deskriptif yang harus kalian lakukan.

• Bacalah paragraf kata demi kata, kalimat demi kalimat secara teliti untuk menemukan kesalahan penulisan ejaan, pola kalimat, atau pemilihan kata.

• Perbaiki kesalahan penulisan ejaan, ganti kata yang tidak tepat serta perbaiki kalimat yang tidak tepat.

• Perbaikan kalimat bisa dilakukan dengan menambahkan kata mengurangi kata, mengganti kata, atau mengubah susunan kata sehingga menjadi kalimat yang baku.

• Periksalah keterpaduan paragraf.

• Perbaiki kesalahan dalam paragraf dengan cara mengganti kalimat yang tidak padu dengan kalimat yang padu, membuang kalimat yang tidak padu, tambah kalimat agar menjadi kalimat yang runtut.

• Perbaikan keruntutan paragraf dapat dilakukan dengan cara buang paragraf yang tidak padu, tempatkan paragraf dengan urutan yang tepat, serta tambahkan paragraf di antara paragraf yang tidak runtut.

Agar kalian lebih memahami proses penyuntingan dalam paragraf deskriptif ini, perhatikan contoh berikut.

Ayo kita lihat paragraf yang akan disunting!

Pamanku mempunyai sebuah batu akik yang sangat bagus sekali. Warna batu akik itu merah menyala seperti api menyala, apalagi jika terkena sinar matahari. Tentu akan membuat mata menjadi silai. Batu akik ini sangat ajaib. Bentuknya opal, permukaannya halus, dan terlihat sangat mahal. Tak heran jika paman menyukai batu akinya tresebut. Batu akik tersebut sebagai oleh-oleh dari seorang temannya yang baru pulang dari Kalimantan.

Dalam paragraf di atas, kata sebuah, sekali, dan menyala sebaiknya dihilangkan karena termasuk kata berlebihan. Kata silai harus diperbaiki menjadi silau, kata opal harus diperbaiki menjadi oval dan kata tresebut harus diperbaiki menjadi tersebut. Sementara setelah frasasangat ajaib penulis seharusnya menambahkan alasan mengapa batu tersebut disebut ajaib agar kalimat menjadi utuh dan runtut.
Setelah mengalami proses penyuntingan, paragraf di atas akan menjaid seperti berikut ini.

*Pamanku mempunyai batu akik yang sangat bagus. Warnanya merah menyala seperti api, apalagi jika terkena sinar matahari. Tentu akan membuat mata menjadi silau. Batu akik ini sangat ajaib karena bisa menyala dalam gelap. Bentuknya oval, permukaannya halus, dan terlihat sangat mahal. Tak heran jika paman menyukai batu akiknya tersebut. *

Poin Penting

• Penyuntingan dilakukan untuk memperbaiki dan menyempurnakan tulisan.
• Penyuntingan dapat dilakukan melalui beberapa langkah antara lain : membaca tulisan dengan teliti, memperbaiki kesalahan penulisan ejaan, memperbaiki kalimat sehingga menjadi kalimat yang runtut, dan memperbaiki paragraf hingga menjadi paragraf yang padu.
• hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyuntingan antara lain: ketepatan penulisan ejaan, ketepatan penggunaan kata-kata, penggunaan kalimat efekif, dan keterpaduan paragraf.

Menyunting Paragraf Deskriptif | lookadmin | 4.5