Close Klik 2x

Menyingkat Kalimat Sesuai Bahasa Iklan Baris

Advertisement

Menyingkat Kalimat Sesuai Bahasa Iklan Baris – Siswa mampu menyingkat kalimat sesuai bahasa iklan baris.

Pernahkah kamu memerhatikan iklan baris di koran yang kamu baca? Di bagian iklan baris kamu dapat menemukan banyak informasi tentang barang atau jasa. Nah, kali ini, kamu akan belajar menuliskan iklan baris seusai dengan ketentuannya. Di topik sebelumnya, kamu telah belajar menentukan objek yang akan diiklankan. Sekarang, kita akan belajar cara menyingkat iklan baris tersebut.

Iklan Baris

Iklan baris, atau yang biasa disebut dengan iklan mini atau iklan kecil, adalah iklan yang dipasang pada surat kabar yang isinya memberi informasi tentang penjualan barang dan jasa atau pengumuman. Iklan baris memiliki bentuk yang khas, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Menyingkat Iklan Baris

Iklan baris yang baik adalah iklan yang singkat, lengkap, dan komunikatif. Kali ini, kita akan belajar mendalami cara menyingkat iklan baris.

Iklan baris merupakan jenis iklan yang menggunakan bahasa yang singkat dan padat. Jika kamu membaca iklan baris, kamu akan menemukan berbagai singkatan yang digunakan. Hal tersebut karena biaya dari iklan baris ditentukan oleh banyaknya jumlah baris. Semakin banyak jumlah barisnya semakin mahal juga pemasangan iklan tersebut.

Hal yang perlu diingat adalah penulisan singkatan sebaiknya menggunakan singkatan yang biasa dipakai. Singkatan tersebut harus tetap dapat dipahami dengan mudah dan tidak menimbulkan kebingungan pembacanya. Beberapa singkatan yang lazim digunakan adalah sebagai berikut.

Perhatikan Contoh

Kamu ingin menjual tanah dengan informasi sebagai berikut.

DIJUAL TANAH dengan luas 2500 meter persegi, penjualan dengan Sertifikat Hak Milik, lokasi Jalan Kenari 3 Balikpapan, harga 650 ribu per meter persegi, harga bisa ditawar, hubungi Randy 085678786516

Iklan di atas bisa kamu singkat menjadi:

DIJUAL TANAH LT 2500m², SHM, Jl Kenari3 Bpp, hrg 650rb/m², nego, hub Randy 085678786516

Poin Penting

  1. Iklan baris merupakan jenis iklan yang menggunakan bahasa yang singkat dan padat.
  2. Penggunaan singkatan dalam iklan baris diperbolehkan, tapi sebaiknya menggunakan singkatan yang biasa dipakai.
  3. Singkatan yang digunakan dalam iklan baris harus dapat dipahami dengan mudah dan tidak menimbulkan kebingungan pembacanya.
Menyingkat Kalimat Sesuai Bahasa Iklan Baris | lookadmin | 4.5