Menyimpulkan Tema Sebuah Novel

Menyimpulkan Tema Sebuah Novel – Siswa mampu menyimpulkan tema sebuah novel.

Novel remaja berbeda dengan novel lainnya karena dikategorikan khusus bercerita seputar permasalahan remaja pada umumnya. Akan tetapi, walaupun berbeda, unsur intrinsik yang ada dalam novel tetap sama. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun dari dalam sebuah karya. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tema
  2. Judul
  3. Latar
  4. Alur
  5. Tokoh
  6. Penokohan/watak
  7. Amanat
  8. Sudut pandang

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas salah satu unsur intrinsik tersebut, yakni tema. Tema adalah pokok pikiran sebuah cerita yang dijadikan sumber cerita. Dengan kata lain, tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal, salah satunya dalam membuat suatu cerita. Jika dianalogikan, tema adalah fondasi dalam membangun sebuah rumah. Keberadaan tema pun penting untuk diperhatikan. Jika temanya menarik, akan memberikan nilai lebih pada cerita tersebut. Cara menyimpulkan tema dalam sebuah cerita atau pun novel adalah sebagai berikut.

  1. Baca dan pahami keseluruhan cerita!
  2. Tentukan tokoh utama yang mengalami masalah/kejadian!
  3. Tentukan masalah yang dihadapi tokoh utama!

Biasanya tema berkaitan dengan tokoh dan masalah sehingga ketiga tahapan di atas harus dilakukan ketika kita ingin mengetahui tema dalam sebuah cerita.

Perhatikan Contoh

Untuk menyimpulkan temanya, coba kita uraikan sesuai petunjuk sebelumnya!

  1. Pahami cuplikan novel di atas dengan membacanya secara saksama!
  2. Tokoh utama dalam cuplikan tersebut adalah Lintang.
  3. Masalah yang terjadi adalah Lintang dihadang seekor buaya besar saat akan pergi ke sekolah. Buaya tak mau menghindar dari tengah jalan sehingga Lintang pun tak berani lewat dan akibatnya dia terlambat ke sekolah. Namun, Lintang pun enggan kembali ke rumahnya karena dia tetap ingin pergi ke sekolah.

Dari uraian di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tema dari cuplikan novel di atas adalah perjuangan, yaitu keberanian Lintang menghadapi buaya.

Poin Penting

1) Tema adalah pokok pikiran sebuah cerita yang dijadikan sumber cerita.
2) Cara menyimpulkan tema dalam sebuah cerita ataupun novel adalah sebagai berikut.

  • Baca dan pahami keseluruhan cerita!
  • Tentukan tokoh utama yang mengalami masalah/kejadian!
  • Tentukan masalah yang dihadapi tokoh utama!
Menyimpulkan Tema Sebuah Novel | lookadmin | 4.5