Menyimpulkan Pesan Pidato, Ceramah dan Khotbah

Menyimpulkan Pesan Pidato, Ceramah dan Khotbah – Ada dua hal yang perlu kalian pahami pada materi ini, yaitu simpulan dan pesan. Apa itu simpulan dan apa itu pesan? Baiklah akan kita bahas kedua istilah tersebut.

Simpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Simpulan adalah pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya. Simpulan adalah hasil menyimpulkan. Simpulan dapat juga dikatakan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Pesan adalah perintah, nasihat, permintaan, atau amanat yang disampaikan lewat orang lain.
Pidato pada dasarnya adalah menyampaikan sesuatu secara lisan kepada orang lain. Tentu saja sesuatu yang disampaikan mengandung pesan, dengan kata lain dalam sebuah pidato pastilah pembicara menyampaikan sesuatu yang berupa pesan atau hal-hal penting.

Perhatikan Contoh

Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan kutipan pidato berikut.

Bapak kepala sekolah yang kami hormati dan kami muliakan. Bapak dan Ibu guru yang kami hormati. Teman-teman dan adik-adik kelas yang kami sayangi. Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan taufik-Nya kepada kita semua. Hanya dengan pertolongan-Nya, pada hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam suasana yang penuh suka cita.

Hadirin yang berbahagia,
Saya mewakili siswa-siswi kelas IX yang sebentar lagi akan dilepas sebagai siswa SMP, mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru atas segala bimbingan dan arahan yang diberikan kepada kami. Tanpa bimbingan dan arahan dari Bapak dan Ibu guru, kami tidaklah mungkin bisa mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Kepala Sekolah beserta seluruh jajarannya yang telah menyediakan sarana dan prasarana belajar yang memadai. Pemberian kesempatan kepada kami untuk bisa belajar di sekolah ini pun layak diberi ucapan terima kasih.

Keberhasilan kami menempuh pendidikan SMP bukanlah akhir segalanya. Masih ada jenjang-jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang harus kami jalani. Kami harus tetap belajar dan bekerja. Masa depan hanya milik orang yang mau belajar dan bekerja keras. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian: bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Seandainya kami dahulu lebih mengutamakan bersenang-senang, dengan tidak mau belajar dan sering tidak masuk sekolah, tentu hari ini kami tidak dapat menikmati kebahagiaan ini.

Hadirin yang berbahagia,
Begitu banyak perilaku nakal dan tidak sopan yang kami lakukan selama ini. Perilaku yang terkadang dapat menyakitkan hati Bapak dan Ibu guru. Inilah saat yang paling tepat bagi kami untuk mengucapkan kata maaf atas kesalahan tersebut. Maafkan kami, Bapak, maafkan kami Ibu. Mudah-mudahan hal tersebut tidak terulang di kemudian hari. Kami lebih dewasa dalam menatap hari depan yang Insya Allah menjadi lebih baik. Mohon doa restu agar kami bisa mencapai masa depan yang lebih berarti. Tidak hanya bagi kami, tetapi bagi masyarakat dan bangsa ini. Masa depan bangsa kami ikut ditentukan pula oleh keberhasilan kami.
Akhirnya, mudah-mudahan perpisahan ini justru menjadi pengikat hubungan antara kami dengan sekolah ini. Sejauh apa pun jaraknya, bila kita saling mengingat satu dengan lainnya, pasti terasa dekat. Sekian, sampai bertemu lagi di lain kesempatan.

Dalam pidato di atas, dapat disimpulkan bahwa pesannya adalah:
Pembicara menyampaikan rasa terima kasih dan maafnya kepada para gurunya. Dia berharap hubungan ini tetap berlanjut terus.

Poin Penting

     Materi tentang menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah maksudnya adalah setelah mempelajari materi ini, peserta didik mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar. Dengan demikian, peserta didik harus pertama, mendengarkan pidato dengan saksama dan penuh konsentrasi pada materi yang disampaikan pembicara secara utuh; kedua, mencatat hal-hal penting atau hal-hal pokok isi pidato yang didengar; ketiga, meyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar.

Menyimpulkan Pesan Pidato, Ceramah dan Khotbah | lookadmin | 4.5