Close Klik 2x

Menyimpulkan Pesan dalam Puisi

Advertisement

Menyimpulkan Pesan dalam Puisi – Siswa mampu menyimpulkan pesan dalam puisi

Pengertian Puisi
Puisi adalah karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna. Puisi terdiri atas beberapa baris yang membentuk bait. Namun demikian, jumlah baris dan bait dalam puisi tidak terikat.

Merefleksi Isi Puisi
Merefleksi isi puisi adalah mencerminkan kata-kata yang terdapat dalam sebuah puisi. Artinya, merefleksi isi puisi adalah memahami makna puisi sehingga pesan dalam puisi tersebut dapat tersampaikan kepada pembacanya.

Menyimpulkan Pesan dalam Puisi

Bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dengan bahasa yang digunakan sehari-hari. Seseorang yang menulis puisi atau penyair harus pandai memilih kata-kata yang indah untuk mewakili perasaan dan gagasan yang ingin disampaikannya ke dalam sebuah puisi. Pemilihan kata itu yang disebut dengan diksi.

Namun demikian, meski kata-kata dalam puisi menggunakan bahasa yang tidak sama dengan bahasa sehari-hari, kata-kata tersebut harus tetap mewakili perasaan si penyair. Dengan demikian, pembaca dapat menafsirkan isi dari puisi tersebut sehingga dapat menyimpulkan pesan yang hendak disampaikan oleh puisi tersebut.

Pesan dalam puisi adalah amanat atau nilai-nilai baik yang dapat diambil pembaca dari sebuah puisi. Seorang pembaca harus dapat menyimpulkan pesan dalam sebuah puisi dengan memahami isi puisi tersebut, termasuk menafisrkan kata-kata yang digunakan penyair dalam puisinya. Kata-kata dalam puisi dapat memiliki makna tersurat (eksplisit) atau tersirat (implisit).

Makna tersurat (eksplisit) adalah makna yang dapat dipahami secara langsung dengan melihat kata-kata di dalam puisi tersebut. Kata-kata tersebut menunjukkan pesan secara langsung tanpa perlu ditafisrkan lebih mendalam lagi. Sebaliknya, makna tersirat (implisit) adalah makna yang dapat dipahami dengan menafsirkan kata-kata yang digunakan penyair dalam puisinya. Makna tersirat perlu dipahami secara mendalam dengan memperhatikan pilihan kata yang digunakan penyair dan menafsirkan maksud dari kata-kata tersebut. Misalnya, dalam puisi biasanya ditemukan kata-kata kiasan (majas) atau simbolik. Pembaca harus dapat menafisrkan makna dari kata-kata kiasan tersebut.

Untuk menyimpulkan pesan dalam puisi, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Bacalah puisi secara saksama;
  2. Tandai pilihan kata (diksi) yang digunakan dalam puisi tersebut, termasuk dalam judul;
  3. Pahami maksud kata-kata tersebut secara cermat, termasuk kata kiasan atau majas;
  4. Tafsirkan makna puisi tersebut sesuai bahasa yang digunakannya;
  5. Simpulkan pesan dalam puisi berdasarkan makna puisi yang telah dipahami.

Perhatikan contoh menyimpulkan pesan dalam puisi berikut ini!

Bacalah penggalan puisi berikut ini!

Puisi tersebut menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Berdasarkan judul puisi tersebut, dapat dipahami bahwa puisi tersebut berisi tentang buku. Buku hanya deretan aksara dan kadang (berisi) gambar juga. Menurut penyair, buku tidak akan memiliki makna apa-apa jika hanya terletak di meja tanpa dibaca. Sebaliknya, jika buku dibaca, ia akan memberikan semua yang dimilikinya. Maksudya, buku memberikan pengetahuan yang banyak kepada pembacanya jika dibaca.

Pesan dari puisi tersebut adalah bahwa kita harus rajin membaca buku. Buku memiliki banyak manfaat kepada pembacanya, seperti memberikan ilmu pengetahuan yang berguna bagi pembacanya. Namun demikian, kegunaan tersebut hanya dapat diperoleh dengan cara membacanya. Jika buku tidak pernah dibaca dan hanya dibiarkan terletak di tempatnya, kegunaan buku yang banyak itu tidak akan terasa.

Berikutnya, baca penggalan puisi berikut!

Puisi tersebut menggunakan bahasa yang berbeda dengan puisi sebelumnya. Penyairnya menggunakan bahasa yang berbeda dengan bahasa sehari-hari sehingga perlu dipahami dengan cermat. Ungkapan diri manusia adalah samudera yang dalam dan luas adalah kata kiasan. Maksud dari ungkapan tersebut adalah bahwa manusia memiliki jiwa yang “luas” yang tidak mudah dipahami oleh orang lain seperti halnya orang akan menyelam di samudera yang dalam, tentu akan sulit.

Ungkapan malaikat dan setan membunyikan genderang perang memiliki makna bahwa dalam diri manusia selalu ada sisi baik (malaikat) dan sisi buruk (setan). Manusia memiliki sifat baik dan buruk dan keduanya saling “berperang” hingga akhirnya sisi yang satu “menang” dan sisi yang lain “kalah”. Artinya, sifat baik dan sifat buruk dalam diri manusia saling bertentangan dan bisa jadi manusia menjadi baik atau menjadi buruk.

Pesan dalam puisi tersebut adalah bahwa manusia harus dapat mengendalikan sifatnya. Seseorang jangan sampai dikuasai oleh sifat buruk dan harus memperbanyak sifat baiknya.

Poin Penting

  1. Merefleksi isi puisi adalah memahami makna puisi sehingga pesan dalam puisi tersebut dapat tersampaikan kepada pembacanya.
  2. Pesan dalam puisi adalah amanat atau nilai-nilai baik yang dapat diambil pembaca dari sebuah puisi melalui kata-kata yang digunakan dalam puisi, baik secara tersurat (eksplisit) maupun tersirat (implisit).
  3. Seorang pembaca harus dapat menyimpulkan pesan dalam sebuah puisi dengan memahami isi puisi tersebut, termasuk menafisrkan kata-kata yang digunakan penyair dalam puisinya.
Menyimpulkan Pesan dalam Puisi | lookadmin | 4.5