Close Klik 2x

Menyimpulkan Pendapat Narasumber

Advertisement

Menyimpulkan Pendapat Narasumber – Siswa dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber.

Sebelum kita mempelajari tentang cara menyimpulkan pendapat narasumber, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu tentang jenis-jenis wawancara.

Jenis-Jenis Wawancara
Wawancara merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dan mengetahui pendapat serta gagasan dari narasumber. Sebelum melangkah ke tahap menyimpulkan pendapat yang diberikan oleh narasumber dalam proses wawancara, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis wawancara yang umum dilakukan. Jenis-jenis wawancara tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Wawancara dengan berbagai pertanyaan yang sudah dibakukan
Wawancara jenis ini merupakan wawancara pertanyaannya sudah disiapkan. Urutan dan kata-katanya juga sudah ditetapkan dan dibakukan. Oleh karena itu, pewawancara yang bertugas hanya tinggal membacakan pertanyaan-pertanyaan tersebut saat wawancara.
2. Wawancara dengan menggunakan petunjuk umum
Wawancara jenis ini mengharuskan pewawancara merancang dan membuat kerangka pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber. Artinya, pewawancara juga terlibat dalam pembuatan pertanyaan, tidak sekadar membacakan pertanyaan kepada narasumber.
3. Wawancara secara alamiah atau spontan
Wawancara jenis ini merupakan wawancara yang dilakukan secara spontan atau alamiah. Artinya, percakapan yang terjalin antara pewawancara dan narasumber terjadi secara spontan. Dalam pengajuan pertanyaan juga dilakukan secara alami seperti halnya percakapan sehari-hari.

Menyimpulkan Pendapat dari Pihak Narasumber
Sebuah wawancara tentunya akan menghasilkan informasi yang didapatkan dari narasumber yang diberikan pertanyaan-pertanyaan. Informasi tersebut salah satunya bisa berupa pendapat atau opini dari narasumber tersebut. Pendapat sendiri merupakan sebuah pemikiran atau opini terhadap sebuah hal. Pendapat-pendapat yang disampaikan oleh pihak narasumber juga bisa dibut simpulannya. Untuk bisa menyimpulkan pendapat yang disampaikan oleh narasumber, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Mendengarkan sebaik mungkin proses wawancara.
2. Mencatat pokok-pokok dari pendapat yang diberikan oleh narasumber berkaitan dengan tema yang tengah diangkat dalam wawancara tersebut.
3. Setelah pendapat-pendapat tersebut dituliskan, mulailah untuk menyimpulkan pendapat tersebut dengan kalimat yang baik dan benar.

Perhatikan Contoh

Contoh kutipan wawancara dan simpulan pendapat narasumber

Tema wawancara : Kesehatan Tubuh

Pewawancara: Menurut Bapak, arti dari kesehatan tubuh itu apa?
Narasumber  : Menurut saya, kesehatan tubuh adalah kondisi baik yang dimiliki oleh tubuh.
Pewawancara: Maksudnya kondisi baik?
Narasumber  : Ya, artinya kita sedang tidak sakit. Tubuh kita sedang sehat dan mampu untuk bekerja dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
Pewawancara: Seberapa penting kesehatan tubuh menurut Bapak?
Narasumber  : Kesehatan tubuh itu sangat penting. Bila selalu menjaga kesehatan tubuh, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, kita juga bisa banyak melakukan berbagai hal dan membuat prestasi.
Pewawancara: Apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?
Narasumber  : Menurut saya, cara untuk menjaga kesehatan tubuh itu dengan makan makanan yang bergizi, tidak sering makan makanan berlemak tinggi, banyak olahraga, istirahat cukup, rutin pemeriksaan kesehatan ke dokter, dan berpikiran positif setiap harinya.

Membuat simpulan pendapat narasumber.
1. Pokok-pokok pendapat narasumber, di antaranya sebagai berikut.
a. Kesehatan tubuh merupakan kondisi baik yang dimiliki oleh tubuh.
b. Kondisi baik adalah ketika tubuh tidak sakit dan bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
c. Menjaga kesehatan tubuh itu sangat penting agar kita tidak mudah terserang penyakit dan bisa melakukan banyak hal dan juga berprestasi.
d. Hal yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, rajin mengecek kesehatan pada dokter, banyak berolahraga, dan selalu berpikiran positif.
2. Simpulan pendapat narasumber
Kesehatan tubuh merupakan kondisi ketika tubuh berada dalam kondisi baik sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Ketika tubuh sehat, seseorang bisa melakukan banyak hal bahkan mencetak prestasi. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin berolahraga, rajin memeriksakan kesehatan ke dokter, istirahat dengan cukup, dan selalu berpikiran positif.

Poin Penting

Poin penting dari materi ini adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui jenis-jenis wawancara berdasarkan persiapan pertanyaan yang akan diajukan.
2. Untuk bisa menyimpulkan pendapat dari narasumber, seseorang harus mendengarkan, menyimak, dan menuliskan pokok-pokok dari wawancara tersebut.

Menyimpulkan Pendapat Narasumber | lookadmin | 4.5