Close Klik 2x

Menyimpulkan Mekanisme Diskusi

Advertisement

Menyimpulkan Mekanisme Diskusi – Pada topik ini, kalian akan mempelajari tentang mekanisme diskusi. Sebagai pelajar tentu tidak asing lagi dengan istilah diskusi. Diskusi adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh pelajar dalam rangka memecahkan suatu masalah, baik di dalam kelas ataupun di luar kelas.

Unsur-unsur dalam Diskusi
Diskusi adalah salah satu bentuk kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam rangka pemecahan suatu masalah. Agar pelaksanaan diskusi berjalan lancar, setiap peserta hendaknya mematuhi tata pelaksanaan diskusi. Selain itu, ada lima unsur yang menentukan keberhasilan sebuah diskusi, yaitu sebagai berikut.

  1. Masalah
    Diskusi tidak akan berjalan jika tidak ada masalah. Adanya diskusi karena ada permasalahan yang harus diselesaikan. Masalah yang akan dibahas biasanya disiapkan dalam bentuk makalah.
  2. Moderator
    Moderator adalah pemimpin atau ketua diskusi. Tugasnya mempersiapkan topik, membuka diskusi, mengatur jalannya diskusi, menjaga ketertiban diskusi, memberi kesempatan kepada peserta diskusi untuk berpartisipasi, dan menyampaikan hasil diskusi.
  3. Sekretaris
    Sekretaris atau notulis bertugas mencatat semua jalannya diskusi, mencatat nama-nama peserta dan tanggapan-tanggapannya, dan membuat laporan hasil diskusi.
  4. Penyaji
    Penyaji atau pemakalah adalah orang yang bertugas menyampaikan permasalahan yang akan dibahas. Penyaji harus bersikap objektif dan terbuka untuk menerima dan menyanggah pendapat peserta diskusi.
  5. Peserta Diskusi
    Tugas peserta diskusi adalah berperan aktif mengikuti diskusi dalam suasana kondusif dan bertanggung jawab terhadap hasil diskusi.

Tata Pelaksanaan Diskusi
Dalam kegiatan diskusi, setiap peserta berhak menyumbangkan pendapat, saran, maupun usulan dalam memecahkan suatu permasalahan. Selain itu, sikap menolak dan menyanggah juga dapat disampaikan dengan disertai alasan yang logis. Keberhasilan sebuah diskusi adalah ketika semua peserta dapat bersikap lapang dada menerima perbedaan pendapat peserta lain.
Oleh karena itu, setiap peserta diskusi hendaknya memahami tata pelaksanaan dalam berdiskusi sebagai berikut.

A. Penyampaian saran, pendapat, dan usulan

  1. Setiap peserta diskusi berhak mengajukan saran, usulan, dan pendapat atau aspirasinya dengan disertai alasan, contoh, fakta, atau pendapat pakar.
  2. Setiap peserta hendaknya bersikap bijak, tidak memaksa kehendak sendiri, tidak emosional. Sikap bijak dapat ditunjukkan dengan pemakaian bahasa yang santun disertai argumen yang jelas dan jujur.
  3. Penyampaian pendapat dilakukan setelah dipersilakan moderator.

B. Menyanggah dan menolak pendapat

  1. Dalam berdiskusi sangat diperlukan tukar pendapat tanpa perselisihan.
  2. Menolak pendapat hendaknya disertai argumen yang kuat dan meyakinkan.

C. Mengajukan pertanyaan

  1. Pertanyaan hendaknya relevan dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.
  2. Pertanyaan hendaknya disampaikan dengan jelas dan lancar.
  3. Pertanyaan disampaikan setelah dipersilakan moderator.
  4. Pertanyaan disampaikan dengan latar belakang ketidaktahuan, bukan untuk menguji peserta lain dalam berpendapat.
  5. Pertanyaan tidak mengulang masalah yang telah ditanyakan oleh peserta lain.

Langkah-langkah Pelaksanaan Diskusi
Diskusi akan berjalan dengan lancar jika tiap-tiap unsur siap untuk melaksanakan diskusi. Jika salah satu unsur saja tidak mendukung, maka diskusi tidak akan berjalan efektif. Oleh karena itu, perlu adanya langkah-langkah pelaksanaan diskusi. Ada pun langkah-langkah dalam diskusi adalah sebagai berikut.

  1. Moderator membuka jalannya diskusi. Dalam kegiatan ini moderator memperkenalkan narasumber/penyaji yang akan menyampaikan makalahnya.
  2. Narasumber/penyaji menyampaikan makalah dengan cara dibaca utuh atau dengan menyampaikan intinya saja.
  3. Khalayak/peserta diskusi diberi kesempatan bertanya dalam bentuk termin-termin secara bergantian.
  4. Moderator menyimpulkan hasil diskusi dibantu sekretaris dan menutup jalannya diskusi.
Menyimpulkan Mekanisme Diskusi | lookadmin | 4.5