Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif – Siswa mampu menyimpulkan isi dialog interaktif.

Pengertian Dialog Interaktif

Pada pelajaran sebelumnya telah dijelaskan bahwa dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan. Dialog interaktif biasanya dilakukan di televisi atau radio. Orang-orang yang terlibat dalam sebuah dialog interaktif di antaranya adalah moderator, narasumber, dan pemirsa.

Moderator atau biasa disebut juga pembawa acara atau presenter adalah orang yang memandu jalannya dialog. Narasumber adalah sumber informasi yang memiliki kemampuan atau kompetensi dalam bidang yang dijadikan masalah dalam dialog. Adapun pemirsa adalah penonton atau pendengar yang mengikuti jalannya dialog interaktif. Dalam sebuah dialog interaktif, moderator, narasumber, dan pemirsa terlibat secara aktif dalam mendiskusikan sebuah masalah untuk dicarikan penyelesaian atau solusinya.

Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Setiap dialog interaktif memiliki tema, yaitu ide pokok yang mendasari sebuah dialog interaktif. Perbincangan dalam dialog akan disesuaikan dengan tema tersebut. Berdasarkan tema yang diambil, dialog akan memberikan banyak informasi penting kepada semua orang, khususnya pemirsa. Informasi tersebut dapat diketahui dengan cara menyimpulkan isi dialog interaktif.

Sebelum menyimpulkan, hal penting yang harus dilakukan adalah merumuskan pokok-pokok dialog dengan menerapkan prinsip 5W + 1H sebagaimana biasa terdapat dalam berita. Prinsip tersebut dapat dijelaskan sebagai sebagai berikut.

  1. What (apa), yaitu apa yang didialogkan,
  2. Who (siapa), yaitu siapa yang terlibat dalam dialog tersebut,
  3. When (kapan), yaitu kapan dilakukannya dialog,
  4. Where (di mana), yaitu di mana dialog tersebut dilakukan,
  5. Why (mengapa), yaitu mengapa dialog tersebut dilakukan,
  6. How (bagaimana), yaitu bagaimana hasil dialog tersebut.

Secara rinci, berikut langkah-langkah menyimpulkan isi dialog interaktif.

  1. Ikuti dialog interaktif dari awal hingga akhir,
  2. Tentukan tema dialog interaktif tersebut,
  3. Rumuskan pokok-pokok dialog dengan prinisip 5W + 1H,
  4. Catat hal-hal penting lainnya yang didapatkan dari dialog tersebut,
  5. Simpulkan isi dialog dengan menggunakan kalimat efektif.

Perhatikan Contoh

Perhatikan dialog interaktif berikut dan minta teman-temanmu memeragakannya!

Setelah memahami dialog interaktif di atas, berikut simpulan yang dapat kamu buat.

Dialog interaktif di TV Lima tersebut membicarakan startegi mempersiapkan Ujian Nasional. Dialog tersebut dipandu oleh seorang moderator bernama Dimas Adiwijaya. Narasumber dalam dialog tersebut adalah Bapak Susilo selaku staf Dirjen Pendidikan Menengah dan Ibu Nining sebagai pakar pendidikan. Dalam dialog tersebut dijelaskan bahwa persiapan Ujian Nasional telah mencapai 90%. Persiapan lainnya yang masih dilakukan adalah menyempurnakan distribusi soal ke seluruh daerah. Hal pokok lain yang dibahas adalah pentingnya keseriusan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Para narasumber menyatakan bahwa para siswa utamanya memiliki persiapan mental agar tidak menganggap ujian nasional sebagai beban besar sehingga harus dilalalui dengan menghalalkan segala cara. Ujian Nasional adalah evaluasi pembelajaran semata yang harus dipersiapkan dengan matang agar para siswa menunjukkan hasil terbaiknya.

Poin Penting

  1. Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan beberapa orang untuk mendiskusikan beragam permasalahan.
  2. Orang-orang yang terlibat dalam dialog interaktif adalah: moderator, yaitu pemandu jalannya dialog, biasa disebut juga pembawa acara atau presenter; narasumber, yaitu orang yang menjadi sumber informasi, biasanya seorang yang ahli di bidangnya; dan pemirsa, yaitu orang yang menonton atau mendengar dialog interaktif.
  3. Sebuah dialog interaktif memberikan informasi penting kepada khalayak. Hal tersebut dapat diketahui dengan menyimpulkan isi dialog tersebut dengan langkah-langkah tertentu.
Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif | lookadmin | 4.5