Close Klik 2x

Menyimpulkan Gagasan Utama Suatu Teks

Advertisement

Menyimpulkan Gagasan Utama Suatu Teks – Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 300 kata per menit

Definisi Gagasan Utama

Gagasan utama adalah topik yang diperbincangkan dalam teks. Kita bisa mengatakan bahwa gagasan utama adalah permasalahan yang ingin disampaikan penulis. Dia adalah ide dan tujuan penulis dalam membuat paragraf. Setiap satu paragraf hanya akan memiliki satu gagasan utama yang dapat terletak di salah satu kalimat.

Beberapa Hal terkait Gagasan Utama

Dengan demikian, berdasarkan hal tersebut, ada hal yang perlu kita catat mengenai kesalahpahaman siswa dalam menentukan letak gagasan utama. Tidak sedikit siswa yang menganggap bahwa gagasan utama hanya muncul di awal dan/atau akhir paragraf. Padahal, gagasan utama dapat muncul di bagian mana pun sebuah paragraf, apakah di awal, tengah, akhir, campuran, atau di seluruh kalimat. Sebagai contoh, perhatikanlah dan baca paragraf-paragraf berikut!

Contoh 1

Pada contoh di atas, permasalahan yang disampaikan penulis adalah kekisruhan antara KPK dan Polri yang membuat geram masyarakat (kalimat 1). Hal ini dibuktikan dan diperkuat oleh alasan yang muncul pada kalimat 3, yaitu terluntanya pemberantasan korupsi. Dengan demikian, paragraf tersebut adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf. Paragraf ini disebut dengan paragraf deduktif.

Contoh 2

Pada contoh di atas, permasalahan yang disampaikan dalam paragraf adalah mengenaitubuh tetap memerlukan kolesterol dalam batas normal. Informasi ini terdapat pada kalimat kedua dan dibuktikan oleh penggunaan kata hubung akan tetapi yang menyangkal informasi pada kalimat 1. Paragraf ini memberikan kita contoh letak gagasan utama yang terletak di kalimat 2 (tengah paragraf). Walaupun gagasan utama berada di tengah paragraf, jenis paragraf ini tetap dinamakan sebagai paragraf deduktif (sesuai dengan pernyataan Gorys keraf dalam buku Komposisi).

Contoh 3

Pada contoh di atas, permasalahan yang disampaikan oleh penulis adalah mengenai anjuran menakar konsumsi kopi dengan tidak berlebihan agar dapat merasakan manfaat tanpa mengkhawatirkan efek negatif kopi. Informasi ini muncul di kalimat terakhir. Paragraf jenis ini disebut paragraf induktif.

Contoh 4

Paragraf di atas termasuk ke dalam paragraf naratif atau paragraf yang berisi cerita. Paragraf naratif memiliki gagasan utama yang berada pada seluruh kalimat yang muncul. Selain paragraf naratif, paragraf deskriptif pun memiliki gagasan utama yang muncul di seluruh kalimatnya.

Berdasarkan keempat contoh di atas, jelaslah bahwa kita harus berhati-hati dalam memilih gagasan utama. Bacalah keseluruhan paragraf dengan teliti dan carilah permasalahan yang ingin disampaikan penulis. Ini adalah langkah tepat dan lebih efektif dalam mencari gagasan utama.

Poin Penting

Gagasan utama atau topik paragraf dapat muncul di setiap bagian kalimat, yaitu sebagai berikut.

  1. Di awal paragraf (deduktif),
  2. di tengah paragraf (deduktif),
  3. di akhir paragraf (induktif),
  4. campuran (deduktif-induktif), dan
  5. dI seluruh bagian paragraf (naratif dan deskriptif).
Menyimpulkan Gagasan Utama Suatu Teks | lookadmin | 4.5