Menyampaikan Pendapat dalam Diskusi dengan Baik

Menyampaikan Pendapat dalam Diskusi dengan Baik – Siswa dapat menyampaikan pendapat (persetujuan, sanggahan, dan penolakan) dalam diskusi dengan baik.

Pada topik ini, siswa akan mempelajari cara menyampaikan pendapat dalam diskusi dengan baik.

Pengertian Diskusi
Diskusi adalah aktivitas bertukar pendapat atau bertukar pikiran yang dilakukan sebuah kelompok dengan tata cara tertentu. Pada saat berdiskusi, setiap orang dapat menyampaikan pendapatnya terkait topik atau masalah yang didiskusikan. Pendapat tersebut harus disampaikan dengan baik agar dapat diterima oleh peserta diskusi lainnya.

Cara Menyampaikan Pendapat dalam Diskusi
Diskusi dilakukan untuk mendengarkan berbagai pendapat yang disampaikan peserta diskusi untuk mendapatkan solusi atau titik temu dari permasalahan yang sedang didiskusikan. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyampaikan pendapat dalam diskusi adalah sebagai berikut.

  1. Meminta izin kepada moderator atau pemimpin diskusi sebelum menyampaikan pendapat;
  2. Menggunakan bahasa yang santun agar tidak ada peserta lain yang tersinggung;
  3. Mengungkapkan pendapat dengan disertai bukti atau alasan yang logis;
  4. Menyampaikan pendapat sesuai dengan topik yang dibicarakan;
  5. Tidak memotong pembicaraan orang lain yang sedang berlangsung;
  6. Menghargai pendapat yang disampaikan oleh orang lain.

Menyampaikan Pendapat Secara Santun
Menyampaikan pendapat dalam diskusi harus dilakukan secara santun. Bahasa yang biasa yang digunakan dalam diskusi adalah sebagai berikut.
1. Menyampaikan pendapat
Saat menyampaikan pendapat, kalimat yang biasa digunakan adalah sebagai berikut: menurut saya …; saya pikir …; berdasarkan buku yang saya baca, seharusnya …; pendapat saya terkait hal tersebut adalah ….
2. Menyanggah pendapat orang lain
Jika tidak menyetujui pendapat orang lain, kita dapat menyanggah pendapat tersebut dengan menggunakan kalimat berikut: pendapat Saudara baik, hanya saja menurut saya …; menurut buku yang saya baca, hal tersebut seharusnya …; kalau boleh menyanggah, maka ….
3. Menyetujui atau memperkuat pendapat orang lain
Saat menyetujui pendapat orang lain, kalimat yang dapat digunakan adalah sebagai berikut: saya sependapat dengan …; saya memiliki gagasan yang sama …; menurut saya hal tersebut sudah baik, terutama jika ….
4. Menyela pembicaraan orang lain
Jika ingin menyela pembicaraan yang sedang berlangsung, peserta harus meminta izin moderator terlebih dahulu sebelum bicara. Kalimat yang biasa digunakan biasanya: interupsi, saya izin untuk …; mohon maaf, apakah saya boleh menyela; mohon maaf saya potong pembicaraannya.

Perhatikan Contoh

Contoh Menyampaikan Pendapat dalam Diskusi
Salah satu contoh pendapat yang disampaikan dengan bahasa yang santun adalah sebagai berikut.

“Terima kasih moderator atas izin dan waktu yang diberikan. Menurut saya, peraturan mengenai kewajiban siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat baik. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi siswa itu sendiri. Siswa tidak hanya belajar untuk cerdas secara akademis, tapi juga dapat cerdas secara emosional dan sosial.”

Poin Penting

  1. Diskusi adalah aktivitas bertukar pendapat atau bertukar pikiran yang dilakukan sebuah kelompok dengan tata cara tertentu.
  2. Pendapat yang disampaikan dalam diskusi harus disertai bukti atau alasan untuk memperkuat pendapat yang disampaikan.
  3. Menyampaikan pendapat dalam diskusi, termasuk menyanggah, menyetujui, atau menyela pembicaraan orang lain, harus dilakukan dengan baik dan menggunakan bahasa yang santun.
Menyampaikan Pendapat dalam Diskusi dengan Baik | lookadmin | 4.5