Menunjukan Kelebihan dan Kekurangan Buku

Menunjukan Kelebihan dan Kekurangan Buku – Siswa mampu memaparkan kelebihan dan kekurangan buku.

Pada materi sebelumnya, kita telah belajar mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku. Saat ini, kita akan masuk ke tahap berikutnya dalam persiapan meresensi sebuah buku, yaitu menunjukkan kelebihan dan kekurangan buku. Tahapan ini merupakan tahapan yang sangat penting dilakukan karena kelak akan digunakan sebagai penilaian terhadap buku yang akan kita buatkan resensinya.

Kelebihan dan kekurangan buku dapat ditemukan setelah kamu membaca buku sampai tuntas. Akan tetapi, jika kamu menemukan kelebihan atau kekurangan sebelum membaca seluruh isi buku, tunjukkanlah dan tulislah kelebihan atau kekurangan yang telah kamu temukan tadi.

Kelebihan dan kekurangan buku dapat dilihat dari berbagai aspek, di antaranya adalah sebagi berikut.

1. Bentuk fisik yang mencakup kulit buku, ilustrasi gambar, dan tata letak. Perhatikan contoh di bawah ini!

2. Bahasa yang digunakan pengarang dalam pembahasan, misalnya pada contoh berikut.

3. Isi buku yang mencakup pembahasan materi, seperti contoh di bawah ini.

4. Pengarang, dengan membandingkan buku karyanya dengan buku karya orang lain yang bertema sama, atau bahkan dengan buku-buku karyanya terdahulu.

Perhatikan contoh berikut!

Jika terdapat kelebihan dan kekurangan pada aspek lain selain aspek di atas, kamu dapat mengemukakannya sesuai dengan yang kamu temukan.

Poin Penting

  1. Menuliskan kelebihan dan kekurangan buku harus dilakukan karena akan digunakan sebagai penilaian terhadap buku tersebut dan pertimbangan bagi pembaca untuk memilih buku tersebut sebagai bacaan.
  2. Kelebihan dan kekurangan buku dapat ditemukan setelah buku dibaca sampai tuntas.
  3. Kelebihan dan kekurangan buku dapat dilihat dari berbagai aspek, tetapi yang sering disoroti adalah aspek-aspek berikut.
  • Bentuk fisik yang mencakup kulit buku, ilustrasi gambar, dan tata letak.
  • Bahasa yang digunakan pengarang dalam pembahasan.
  • Isi buku yang mencakup pembahasan materi.
  • Pengarang, dengan membandingkan buku karyanya dengan buku karya orang lain yang bertema sama, atau bahkan dengan buku-buku karyanya terdahulu.
Menunjukan Kelebihan dan Kekurangan Buku | lookadmin | 4.5