Menuliskan Hal-Hal yang Bisa diteladani dari Seorang Tokoh

Menuliskan Hal-Hal yang Bisa diteladani dari Seorang Tokoh – Siswa dapat menuliskan hal-hal yang bisa diteladani dari seorang tokoh.

Pada materi sebelumnya, kita telah belajar cara mengenal identitas tokoh, menceritakannya, dan kemudian menemukan keunggulannya. Kali ini, kita akan belajar menemukan hal-hal yang dapat kita teladani dari seorang tokoh.

Menuliskan Hal-Hal yang Bisa Diteladani dari Tokoh
Keteladanan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah suatu hal yang dapat ditiru atau dicontoh. Hal ini terkait dengan perbuatan, kelakuan, atau sifat baik yang dilakukan di dalam sebuah kehidupan.
Setiap tokoh yang dijadikan bahan penulisan biografi pasti memiliki suatu keteladanan. Dari keteladanan ini, diharapkan pembaca dapat belajar dan meneladani hal-hal positif dari tokoh-tokoh yang telah dibaca biografinya.

Perhatikan Contoh

Bacalah teks biografi berikut dan carilah hal-hal yang dapat diteladani darinya!

sumber: photobucket.com

Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918. Ia bernama lengkap Nelson Rolihlahla Mandela. Mandela adalah seorang politisi Afrika Selatan dan menjabat sebagai presiden negera tersebut pada periode 1994 – 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh dalam sebuah pemilu multiras. Mandela adalah seorang revolusioner antiapartheid dan hal ini ia lakukan dalam pemerintahannya yang berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dan penghapusan rasisme, kemiskinan, dan kesenjangan, serta mendorong rekonsiliasi rasial.

Kisah perjalanannya sebelum menjadi presiden amatlah berat. Mandela pernah belajar hukum di Fort Hare University dan University of Witwatersrand dan menjadi pengacara. Ketika tinggal di Johanesburg, ia terlibat dalam politik antikolonial dan bergabung dengan ANC (African National Congress) dan menjadi anggota pendiri Liga Pemuda ANC. Sebagai pengacara, Mandela berulang kali ditahan karena melakukan aktivitas menghasut. Pada tahun 1962 Mandela juga pernah ditahan dan dituduh melakukan sabotase dan bersekongkol menggulingkan pemerintahan yang menerapkan kebijakan apartheid. Ia dihukum penjara seumur hidup di Pengadilan Rivonia.

Mandela menjalani kurungan selama 27 tahun dengan berganti-ganti penjara. Ia dibebaskan pada tahun 1990 karena kampanye internasional menuntut pembebasannya. Selepas keluar dari penjara, ia bernegosiasi dengan Presiden F.W. de Klerk untuk menghapuskan apartheid dan melakukan pemilu multiras tahun 1994. Pada pemilu ini ia menang dan terpilih sebagai presiden dan membentuk Pemerintahan Persatuan Nasional. Saat menjabat sebagai presiden, ia menyusun konstitusi baru dan membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk menyelidiki pelanggaran HAM yang terjadi pada masa-masa sebelumnya.

Kiprahnya di dunia internasional juga tak boleh dilupakan. Ia pernah menjabat sebagai Sekjen Gerakan Nonblok. Ia pun pernah bertindak sebagai mediator antara Libya dan Britania Raya dalam pengadilan pengeboman Pan Am Penerbangan 103 dan mengawasi intervensi militer di Lesotho. Mandela juga aktif dalam upaya pemberantasan kemiskinan dan HIV/AIDS melalui Nelson Mandela Foundation.

Ia tokoh yang penuh kontroversial sepanjang hidupnya. Para kritikus menganggapnya sebagai simpatisan komunis dan dianggap teroris. Akan tetapi, pengakuan internasional atas aksi-aksinya membuat Mandela meraih banyak penghargaan termasuk Nobel Perdamaian tahun 1993.

Sudahkah kalian mencermati teks biografi Nelson Mandela di atas? Dapatkah kalian menemukan keteladan yang patut untuk kita contoh?
Jika sudah, yuk, kita samakan keteladanan yang kita temukan! Beberapa keteladanan yang dapat kita contoh dari Nelson Mandela adalah sebagai berikut.

  1. Aktif dalam penghapusan kebijakan apartheid
  2. Aktif dalam memberantas pelanggaran HAM
  3. Ikut berkampanye melawan HIV/AIDS
  4. Berjuang keras dalam mewujudkan keinginannya
  5. Aktif dalam upaya mewujudkan perdamaian

Poin Penting

       Untuk mencari keteladanan seorang tokoh, pahamilah hal-hal yang ia lakukan dan dapat kita lakukan juga. Keteladanan akan menjadi contoh bagi pembaca untuk ikut serta melakukannya.

Menuliskan Hal-Hal yang Bisa diteladani dari Seorang Tokoh | lookadmin | 4.5