Close Klik 2x

Menuliskan Hal-Hal Penting dalam Wawancara

Advertisement

Menuliskan Hal-Hal Penting dalam Wawancara – Siswa dapat memahami langkah-langkah menuliskan hal-hal penting saat wawancara.

Pada topik ini, siswa akan memahami langkah-langkah menuliskan hal-hal penting saat wawancara berlangsung.

Wawancara
Wawancara adalah aktivitas tanya jawab yang dilakukan seseorang pada narasumber untuk mendapatkan informasi, pendapat, atau gagasan tentang suatu permasalahan. Wawancara biasanya dimuat dalam media massa, baik cetak maupun elektronik.
Narasumber yang diwawancarai merupakan seseorang yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan topik yang dibicarakan saat wawancara. Maka, pada saat wawancara berlangsung, pewawancara harus jeli dengan informasi yang diucapkan oleh narasumber. Pada saat wawancara, pewawancara akan mencatat atau merekam ucapan narasumber. Namun, ada beberapa informasi penting terkait topik yang dibicarakan harus diperhatikan secara cermat oleh pewawancara. Oleh karena itu, pewawancara harus bisa menuliskan hal-hal penting saat wawancara berlangsung.

Langkah-Langkah Menuliskan Hal-hal Penting saat Wawancara
Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menuliskan hal-hal penting saat wawancara berlangsung.
1. Saat narasumber menjawab pertanyaan yang diajukan, pewawancara harus menyimaknya dengan cermat.
2. Tandai dan catat kata kunci yang muncul dari setiap perkatan narasumber. Kata kunci tersebut dapat menjadi ide untuk mengembangkan pertanyaan yang diajukan. Kata kunci juga menandakan bahwa ucapan narasumber merupakan hal penting yang harus diingat atau dicatat.
3. Fokus pada topik yang dibicarakan agar pembicaraan tidak meluas dan melenceng dari topik yang dibicarakan.
4. Tandai hal-hal penting terkait hasil wawancara pada saat menuliskan kembali hasil wawancara.

Perhatikan Contoh

Contoh Menandai Hal-hal Penting Saat Wawancara
Agar dapat memahami langkah-langkah menuliskan hal-hal penting saat wawancara, silakan perhatikan penggalan wawancara berikut!
A   :   Selamat pagi, Pak. Saya ingin menanyakan beberapa hal terkait aktivitas bisnis yang dilakukan siswa.
B   :   Selamat pagi. Silakan!
A   :   Saat ini, minat siswa dalam belajar bisnis semakin tinggi. Banyak di antara mereka belajar membuka usaha sendiri atau berkelompok. Bagaimana pendapat Anda?
B    :   Itu adalah hal yang patut diapresiasi. Bagaimana pun tujuan pendidikan salah satunya adalah membentuk karakter mandiri pada siswa. Mandiri dalam bersikap, mengembangkan diri, dan juga mandiri dalam ekonomi. Itulah yang ditunjukkan siswa dengan belajar berbisnis.
A   :   Namun, banyak pihak yang merasa bahwa kegiatan berbisnis itu membuat para siswa tidak fokus belajar dan lebih memilih aktivitas yang mendatangkan uang. Akibatnya, kewajiban mereka yang utama, yaitu belajar menjadi terabaikan. Bagaimana tanggapan Anda?
B   :   Di situlah pentingnya peran orang tua dan sekolah. Yang membedakan siswa dengan orang dewasa lainnya adalah perlunya pengawasan dari orang tua dan juga guru-guru di sekolah. Mereka tetap harus diarahkan bahwa yang lebih penting bagi mereka adalah belajar. Belajar adalah salah satu modal pendukung mereka kelak jika tertarik memperluas wawasan bisnisnya.
A   :   Oh, begitu ya. Terima kasih, Pak, atas waktunya.

Berdasarkan wawancara di atas, hal-hal penting yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.
1. Siswa yang berminat untuk belajar bisnis patut diapresiasi.
2. Tujuan pendidikan adalah membentuk karakter mandiri. Berbisnis adalah salah satu bentuk karakter mandiri dalam ekonomi.
3. Kegiatan bisnis yang dilakukan siswa masih harus mendapat pengawasan dari orangtua dan guru agar mereka tidak lengah dari kewajibannya yaitu belajar.

Poin Penting

  1. Wawancara adalah aktivitas tanya jawab yang dilakukan seseorang pada narasumber untuk mendapatkan informasi, pendapat, atau gagasan tentang suatu permasalahan.
  2. Wawancara biasanya dimuat dalam media massa, baik cetak maupun elektronik.
  3. Saat wawancara berlangsung, pewawancara harus dapat menangkap informasi yang disampaikan narasumber secara cermat. Salah satunya dengan menuliskan hal-hal penting saat wawancara.
Menuliskan Hal-Hal Penting dalam Wawancara | lookadmin | 4.5