Menulis Surat Undangan Rapat

Menulis Surat Undangan Rapat – Siswa dapat menulis surat undangan rapat dengan memperhatikan isi, bahasa, dan format baku.

Apakah kalian pernah mendapatkan surat undangan? Bagaimana isi surat undangan tersebut? Kalian mungkin pernah melihat surat undangan pribadi, seperti surat undangan pernikahan atau surat dari RT untuk mengajak rapat karang taruna. Lalu, apa fungsi surat undangan tersebut? Surat undangan menjadi media untuk menyampaikan keinginan seseorang terhadap orang lain agar hadir dalam suatu acara yang diselenggarakannya.

Pada topik ini, kalian akan belajar menulis surat undangan rapat dan sebelum mulai menulis, kalian perlu mengingat struktur surat dinas karena surat undangan rapat yang akan kalian tulis termasuk ke dalam bentuk surat resmi, yaitu surat dinas. Surat undangan rapat tersebut ditulis oleh lembaga untuk lembaga lain atau perorangan. Sebagai permulaan, kalian dapat mulai menulis surat dengan menganggap diri kalian sebagai kepala sekolah yang akan mengundang guru-guru untuk rapat. Sebagai contoh, perhatikan surat berikut.

Pada dasarnya, surat undangan memuat keterangan waktu pelaksanaan acara, sama seperti surat undangan pernikahan, dan sebagainya. Hal yang berbeda adalah kemasan atau bentuk fisik dan tujuan surat tersebut. Surat undangan rapat ditulis resmi atas nama suatu lembaga dengan bahasa yang jelas, singkat, dan baku serta bertujuan untuk membahas berbagai hal penting dalam rapat.

Dalam perincian waktu acara, kalian perlu memperhatikan penggunaan huruf kecil saat menulis, hari, tanggal, waktu, dan tempat. Hal itu disebabkan bagian perincian waktu masih lanjutan dari kalimat sebelumnya dan tidak diakhiri oleh tanda titik.

Saat menulis surat undangan rapat, kalian perlu menentukan persoalan yang akan dibahas dalam rapat tersebut dan memberikan keterangan singkat tentang hal itu, misalnya rapat guru, rapat dinas, rapat persiapan lomba, dan sebagainya. Setelah mengetahui itu, kalian mulai menulis setiap bagian surat, mulai dari kop surat sampai tanda tangan dari pengirim surat.
Belajar menulis surat undangan rapat atau surat lainnya merupakan hal yang penting untuk dipahami. Suatu hari, mungkin kalian akan bekerja di suatu instansi atau lembaga dan menangani bagian surat-menyurat. Pemahanan tentang surat-menyurat juga membantu kalian dalam mendapatkan perizinan dari sekolah, polisi, orangtua, dan pihak lainnya saat hendak melaksanakan acara organisasi.

Poin Penting

Poin penting dari topik ini adalah penulisan surat undangan rapat dapat dimulai dengan memahami keseluruhan struktur surat tersebut. Kalian dapat menulis surat undangan rapat dengan mengetahui hal yang akan dibicarakan dalam rapat tersebut karena hal itu perlu dicantumkan dalam surat. Setelah itu, kalian dapat menulis bagian kop surat sampai tanda tangan pembuat surat.

Saat menulis surat undangan rapat, kalian perlu memperhatikan kata dan kalimat yang baik, seperti memperhatikan penggunaan kata yang sesuai untuk alinea pembuka atau salam pembuka surat. Selain itu, perhatikan pula ejaan, huruf, dan tanda baca, seperti penggunaan huruf kecil dalam penulisan perincian waktu acara.

Menulis Surat Undangan Rapat | lookadmin | 4.5