Close Klik 2x

Menulis Puisi Menggunakan Kata yang Tepat

Advertisement

Menulis Puisi Menggunakan Kata yang Tepat – Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai.

Kamu tentu telah mengenal ciri-ciri puisi, bukan? Puisi merupakan ungkapan jiwa penulisnya. Puisi bisa saja mengandung suasana jiwa yang sedang sedih, cemas, atau gembira. Puisi juga berisi tema-tema tertentu, misalnya keindahan alam, ketuhanan, bakti pada orang tua, cinta, dan lain-lain.

Agar kamu bisa menulis sebuah puisi dengan baik, ada baiknya kamu terlebih dulu memperkaya kosakata bahasa Indonesia. Hal ini bertujuan agar puisi yang kamu hasilkan tidak monoton atau selalu menggunakan pilihan kata yang itu-itu saja. Di samping itu, dengan menggunakan variasi kosakata, makna puisi yang kamu tulis akan lebih mengena.

Baiklah, sekarang coba perhatikan contoh puisi berikut!

Pada contoh di atas, baris ketiga diawali dengan kata berkecipak. Kata berkecipak dipilih karena identik dengan air dan sesuai dengan tema puisi tentang laut. Rangkaian kata harum napas garam menunjukkan bahwa laut merupakan sumber kehidupan (napas). Kata garamjuga sebagai simbol laut. Kata menggenggam pada baris kelima menunjukkan harapan yang masih ada. Kata usang yang berarti rusak/buruk menunjukkan nasib para nelayan yang tidak kunjung membaik dan masih kurang diperhatikan.

Nah, bisa dipahami, bukan? Kamu pun pasti bisa menulis puisi yang bagus dengan memerhatikan diksi (pilihan kata) yang tepat. Jadi, intinya adalah memperkaya kosakata agar bisa memilih kata yang sesuai dengan tema. Dalam bahasa Indonesia, satu kata kadang memiliki sinonim lebih dari satu. Nah, sinonim-sinonim itu yang perlu kamu perhatikan agar memperoleh kata yang benar-benar pas. Perhatikan lagi contoh berikut!

Untukmu para pahlawan bangsa
Yang meninggal di medan laga

Adakah kata yang janggal pada penggalan puisi di atas? Ya, kata meninggal terasa janggal kehadirannya. Coba apa saja sinonim kata meninggal? Ada mati, wafat, gugur, dan mampus. Lalu, kira-kira apa kata yang pas untuk menggantikannya? Kamu pasti setuju kalau kata yang digunakan adalah kata gugur. Kata gugur lebih tepat untuk tema kepahlawanan.

Untukmu para pahlawan bangsa
Yang gugur di medan laga

Walaupun memiliki arti sama, penggunaan diksi yang tepat akan semakin mempercantik puisi dan memperjelas makna. Langkah memperkaya diksi yang bisa kamu lakukan antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Mencari padanan kata (sinonim) melalui kamus, lebih dianjurkan Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  2. Membaca puisi-puisi karya sastrawan ternama dan mencoba menemukan makna-makna simbol melalui pilihan kata yang mereka gunakan.
  3. Memperkaya wawasan tentang ungkapan, peribahasa, dan bahasa-bahasa simbol.
  4. Cobalah memadukan kata-kata yang kamu anggap memiliki makna unik dan bisa mengekspresikan imajinasi.

Selain memperhatikan diksi, kamu juga bisa menggunakan majas (gaya bahasa). Majas yang sering digunakan dalam puisi di antaranya personifikasi, metafora, perumpamaan, metonimia, dan sinekdoke. Silakan dipelajari di bagian majas, ya!

Poin Penting

  1. Tentukan tema sebelum membuat puisi!
  2. Gunakan diksi (pilihan kata) yang sesuai dengan tema!
  3. Perkaya kosakata yang kamu miliki, ketahui sebanyak mungkin sinonim sebuah kata beserta ketepatan penggunaannya!
  4. Gunakan juga majas (gaya bahasa)!
Menulis Puisi Menggunakan Kata yang Tepat | lookadmin | 4.5