Close Klik 2x

Menulis Pesan Singkat Menggunakan Kalimat Efektif yang Santun

Advertisement

Menulis Pesan Singkat Menggunakan Kalimat Efektif yang Santun – Siswa dapat menulis pesan singkat menggunakan kalimat efektif yang santun

Di pelajaran sebelumnya, kita telah belajar tentang pengertian dan jenis pesan singkat serta cara mencari pokok dari pesan singkat. Mari kita ulang sedikit agar kamu mengingatnya lagi!

Dalam melakukan komunikasi sehari-hari, kita seringkali terkendala ruang dan waktu. Misalnya, kakek kita berada di kampung, sedangkan kita ingin menyampaikan pesan yang sangat penting. Oleh sebab itu, kita biasanya memilih mengirim pesan singkat karena cepat, efektif, dan juga murah.

Ada beberapa jenis pesan singkat, yaitu telegram, memo/memorandum, dan SMS. Sekarang, kita akan belajar cara menulis pesan singkat tersebut dengan menggunakan kalimat efektif yang santun.

Kalimat Efektif yang Santun

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa, tepat sasaran, serta efektif/hemat dalam pemakaian kata-katanya. Itu berarti, kalimat efektif tidak perlu panjang dan berbelit-belit, yang penting inti pembicaraan bisa disampaikan dengan baik. Hindari menggunakan kata yang tidak perlu dan bermakna ganda!

Nah, karena pesan singkat berbentuk tulisan, besar kemungkinan terjadi salah pengertian saat dibaca oleh penerima pesan. Oleh sebab itu, yang perlu diingat dalam menulis pesan singkat adalah bahasa yang digunakan harus santun. Sangat penting untuk menggunakan tanda baca yang sesuai dan memilih kata yang tepat. Kita tentu tidak ingin menyakiti hati orang yang membaca pesan kita, bukan?

Perhatikan Contoh

Berikut adalah kesalahan yang terjadi dalam kalimat tidak efektif di atas.

  1. Kata secepatnya memiliki arti yang hampir sama dengan kata segera. Jadi, kita cukup gunakan salah satunya!
  2. Kata semua menunjukkan sesuatu yang jamak. Jadi, kata tersebut tidak boleh dilekatkan kepada kata ulang (yang sudah berarti jamak).
  3. di pada kata dirumah merupakan kata depan. Jadi, penulisan yang tepat adalah dipisahkan menjadi di rumahmu.
  4. -mu merupakan bentuk klitik yang harus dirangkaikan dengan kata sebelumnya.

Perhatikan Contoh

Penggunaan ungkapan “Saya tidak mau tahu” memiliki kesan yang negatif dan berpotensi menyinggung orang yang menerima pesan tersebut. Meskipun sebuah perintah, etika dalam menyampaikannya haruslah dijaga dan terpenuhi.

Menulis Kalimat Efektif yang Santun pada Memo/Memorandum

Memo/memorandum adalah pesan singkat yang ditulis pada kertas. Unsur-unsur yang terdapat dalam memo adalah sebagai berikut.

  1. kepala memo
  2. pengirim memo
  3. penerima memo
  4. isi memo
  5. tanggal penulisan memo
  6. tanda tangan dan nama pengirim memo

Dalam menulis memo, gunakanlah kalimat efektif santun yang telah dibahas sebelumnya! Memo dapat bersifat pribadi (untuk teman atau rekan kerja) dan bisa juga bersifat resmi (yang biasanya dituliskan oleh atasan untuk bawahannya). Untuk memo pribadi, penulisan boleh sedikit lebih santai, tetapi tetap harus santun.

Perhatikan Contoh

Memo pribadi:

Memo resmi:

Menulis Kalimat Efektif yang Santun pada SMS

Pesan singkat ponsel atau lebih dikenal dengan SMS (Short Message Service) adalah pesan singkat yang dikirim menggunakan telepon seluler. Dalam menulis SMS, gunakanlah kalimat efektif santun yang telah dibahas sebelumnya!

Dalam SMS, terdapat batasan karakter (jumlah huruf dan tanda baca) sehingga penulisan kata-kata dalam SMS seringkali disingkat. Hal ini boleh saja asalkan kalimatnya harus dapat dibaca dengan jelas oleh sang penerima SMS. Gunakan singkatan yang sudah umum dipakai!

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan isi dan bahasa dalam SMS dengan penerima SMS tersebut. Pesan untuk teman boleh menggunakan kalimat yang santai, sedangkan untuk orang yang lebih tua atau untuk urusan resmi lainnya, gunakanlah kalimat yang baik dan resmi!

Perhatikan Contoh

Poin Penting

  1. Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, sesuai dengan kaidah bahasa, dan tepat sasaran.
  2. Dalam kalimat efektif, hindari menulis terlalu panjang, berbelit-belit, menggunakan kata yang tidak perlu atau bermakna ganda.
  3. Dalam menulis pesan singkat, kita harus menggunakan bahasa yang santun. Gunakan tanda baca yang sesuai dan pilihlah kata yang tepat!
  4. Dalam menulis memo dan SMS, gunakanlah kalimat efektif santun dan sesuaikan dengan sifatnya (pribadi atau resmi)!
  5. Dalam menulis SMS, boleh saja menyingkat kata, yang penting harus diingat, kalimatmu harus dapat dibaca dengan jelas oleh sang penerima SMS. Gunakan singkatan yang sudah umum dipakai!
Menulis Pesan Singkat Menggunakan Kalimat Efektif yang Santun | lookadmin | 4.5