Close Klik 2x

Menulis Paragraf Deskriptif

Advertisement

Menulis Paragraf Deskriptif – Siswa dapat menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif.

Dalam pembelajaran sebelumnya, kalian sudah belajar tentang pola pengembangan paragraf deskriptif. Setelah mempelajari pola pengembangan pada paragraf deskriptif tentu kalian sudah tahu apa itu paragraf deskriptif, bagaimana cirinya, dan seperti apa pola pengembangan paragrafnya.

Agar kalian ingat kembali, mari kita ulas sedikit. Paragraf deskriptif bisa diartikan sebagai paragraf yang menggambarkan sesuatu, baik itu benda, tempat, atau suasana. Paragraf deskriptif dibuat agar pembaca bisa seolah-olah mendengar, melihat, mengalami atau merasakan objek atau peristiwa yang dideskripsikan oleh penulis. Nah, dalam pembelajaran kali ini, kalian akan mempelajari bagaimana cara menulis paragraf deskriptif. Tujuannya agar kalian dapat menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif.

Sulitkah menulis paragraf deskriptif? Menulis paragraf deskriptif sebenarnya tidak sulit. Hampir sama dengan penulisan paragraf lainnya. Hanya saja, paragraf deskriptif ini memiliki karakter menggambarkan. Jadi, seolah-olah kalian melukis dengan menggunakan kata-kata. Untuk mempermudah proses penulisan paragraf deskriptif, ikuti langkah-langkah berikut.

• Cari Topik Tulisan

Hal pertama yang harus kalian lakukan dalam proses penulisan paragraf deskriptif adalah mencari topik yang bagus. Pencarian topik ini bisa dilakukan dengan mengamati hal-hal yang ada di sekeliling kalian. Sebagai permulaan, cobalah berjalan-jalan di sekitar rumah atau komplek rumah kalian. Ada banyak objek yang bisa kalian deskripsikan. Misalnya kegiatan Minggu bersih, gapura RW yang baru, gedung aula kelurahan baru, dan sebagainya.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan setelah kalian mendapatkan topik adalah mempelajari topik tersebut. Untuk mempermudah, ikuti beberapa pertanyaan berikut (pilih yang sesuai).

1. Bagaimana bentuk atau suasananya?

2. Berapa ukuran objek?

3. Berapa berat objek?

4. Bagaimana kondisi objek?

5. Apa warna objek?

Kalian bisa mengembangkan terus pertanyaan di atas dengan beberapa pertanyaan lanjutan sampai kalian benar-benar memahami seperti apa objeknya atau suasana yang terjadi.
• Buat Rancangan Sebuah Paragraf Deskriptif

Setelah kalian mendapatkan sebuah topik dan memiliki beberapa detail dari topik tersebut, kalian sudah siap menyusun paragraf deskriptif dengan membuat rancangannya secara garis besar. Tuliskan topik utama yang telah kalian pilih lengkap dengan detail topik yang kalian miliki, kemudian kembangkan sehingga menjadi paragraf yang utuh.

• Revisi
Setelah rancangan paragraf kalian selesai dibuat, revisilah paragraf tersebut. Usahakan konsentrasi pada penyusunan gambaran setail paragraf yang telah kalian tulis. Perhatikan apakah kalimatnya sudah sesuai dan logis, apakah setiap detailnya sudah tersusun dengan baik, dan sebagainya.

Agar kalian bisa memahaminya dengan lebih jelas, perhatikan contoh paragraf deskriptif berikut.

Topik : Ruang tamu
Detail : Warna dinding kuning, ukuran 4×4 meter persegi, sofa berwarna coklat mengelilingi meja, di atas meja terdapat deretan 3 toples berisi makanan ringan, akuarium di sisi kiri dekat jendela, di dinding sebelah kanan terdapat lukisan kaligrafi dengan bingkai berwarna emas.

Pengembangan paragraf deskriptif

Ini adalah ruang tamu rumahku. Ruang tamu ini berukuran 4×4 meter persegi dengan dinding berwarna kuning. Di ruang tamu ini ada kursi sofa yang mengelilingi meja. Di atas meja tersebut terdapat tiga toples yang berisi makanan ringan. Jika kalian berdiri tepat di area pintu, di sebelah kirinya ada sebuah akuarium agak besar. Di dalamnya terdapat dua ekor ikan lohan. Sementara di sebelah kananya terdapat lukisan kaligrafi cukup mesar dengan bingkai berwarna emas.

Poin penting

• Penulisan paragraf deskriptif dilakukan dengan beberapa langkah, antara lain, mencari ide, membuat rancangan dan mengembangkannya, merevisi tulisan, kemudian membaca kembali (mengecek) tulisan tersebut.
• Dalam mencari topik paragraf deskriptif, sebaiknya cari objek yang ada di sekeliling kalian. Ini untuk memudahkan kalian menghimpun data objek tersebut.

Menulis Paragraf Deskriptif | lookadmin | 4.5