Close Klik 2x

Menulis Hasil Wawancara

Advertisement

Menulis Hasil Wawancara – Siswa mampu menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat.

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah memahami bagaimana teknik berwawancara, mulai dari tahapan sebelum berwawancara hingga ke tahap penyimpulan hasil wawancara. Kali ini kita akan belajar menuliskan hasil wawancara.

Layaknya sebuah paragraf, wawancara memiliki gagasan utama/topik. Sebagai orang yang akan bertugas mewawancarai seseorang, kita sebaiknya lebih mengkhususkan topik yang akan diangkat sesuai dengan informasi yang ingin diperoleh. Dengan demikian, wawancara akan menjadi lebih terarah. Dalam menyusun daftar pertanyaan, kita dapat memperhatikan kelengkapan hasil wawancara dengan memanfaatkan unsur apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Perhatikan contoh teks wawancara berikut, pahami setiap unsur pertanyaan, lalu kita akan mengubahnya menjadi beberapa paragraf sesuai dengan ejaan yang benar !

Perhatikan!

Aksi begal pada beberapa bulan terakhir semakin menggelisahkan warga. Banyaknya aksi begal membuat masyarakat menjadi terancam dan takut berada di jalan pada malam hari. Melihat kondisi demikian, Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab memberikan keamanan pada warga berkomitmen untuk memberantas para pembegal. Hal ini disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Ronny F. Sompie. Ia mengatakan polisi ingin bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencegah kejahatan begal motor yang kerap terjadi beberapa waktu belakangan

Bagaimana pendapat Bapak terkait aksi begal?
Dalam upaya menanggulangi kasus begal motor, ada latar belakang terjadinya kasus jalanan tersebut yang perlu diwaspadai bersama, baik oleh pemda dan kementerian terkait. Munculnya kejahatan begal bermula di lingkungan sosial masyarakat yang berkaitan dengan akhlak anak muda. Selain itu, kejahatan tersebut muncul karena kondisi ekonomi dan masalah ketenagakerjaan. Dalam hal ini, saya mengatakan perlu adanya kontribusi dari pemda, Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama.Kementerian agama dan kementerian pendidikan dan kebudayaan berkaitan dengan akhlak para anak muda yang sering terlibat kasus begal motor.

Bagaimana cara efektif dalam menanggulangi aksi begal tersebut?

Pemerintah daerah melalui Dinas Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan juga oleh Kanwil Hukum dan HAM harus melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk terlibat dalam penanggulangan kasus kejahatan begal. Ini bukan hanya tugas Polri. Kami pun membutuhkan adanya peran masyarakat yang ikut dalam upaya pencegahan dan tidak terpengaruh untuk main hakim sendiri. Peran media turut berkontribusi dalam menyosialisasikan ajakan untuk berupaya mencegah terjadinya begal motor, termasuk perhatian media untuk memberikan ruang bagi para pemerhati masalah kasus jalanan untuk mengajak masyarakat ikut mencegah.

Apa yang telah dilakukan Polri terkait aksi begal ini?
Polisi telah menggelar razia besar-besaran untuk mencegah aksi begal sadis yang semakin ramai. Aksi razia ini tak hanya dilakukan di Depok tetapi juga di tiga lokasi lainnya. Polri melakukan operasi razia antisipasi gangguan Kamtibmas, seperti pembegalan. Razia ini melibatkan puluhan polisi hanya untuk di satu lokasi . Operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi begal. Beberapa personel polisi ditugaskan menghentikan roda dua dan roda empat. Mereka memeriksa barang bawaan pengendara dan bagasinya. Selain razia yang dilakukan di Depok, polisi juga menggelar razia di Kelapa Dua, Tangerang, yang melibatkan 30 personel. Razia juga dilakukan di Jl Benda 2, Pamulang Tangerang Selatan. Lokasi razia selanjutnya berada di Jl Raden Inten II, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Teks di atas termasuk teks wawancara yang disajikan dengan bentuk dialog. Unsur pertanyaan yang muncul pada teks paragraf di atas adalah siapa, bagaimana, dan apa. Berikut adalah penyajian hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan yang tepat.

Dengan maraknya aksi pembegalan yang terjadi akhir-akhir ini, pihak Polri, selain telah melakukan berbagai tindakan seperti razia di beberapa lokasi, juga meminta pemda, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan untuk bekerja sama dan bersinergi dalam menanggulangi kejadian tersebut.

Poin penting

Hal yang harus diperhatikan dalam menulis hasil wawancara agar menarik bagi pembaca adalah
1. Kata-kata yang diucap narasumber ditulis apa adanya dengan tujuan agar teks terkesan hidup.
2. Pahami bahwa setiap pendapat yang didapatkan dari narasumber membuat tulisan menjadi berbobot.
3. Perjelaslah tujuan agar wawancara menjadi efektif dengan memberikan informasi, hiburan, bimbingan/motivasi, atau laporan.
4. Pahami setiap bentuk/jenis penyajian wawancara, seperti dialog, narasi, esai, dan deskripsi.

Menulis Hasil Wawancara | lookadmin | 4.5