Close Klik 2x

Menjawab Pertanyaan dengan Peluang Ketepatan Adalah 75%

Advertisement

Menjawab Pertanyaan dengan Peluang Ketepatan Adalah 75% – Berdasarkan materi sebelumnya, kita telah belajar cara membaca cepat. Kemampuan ini adalah indikator yang memengaruhi kesuksesan kita dalam belajar. Atas dasar inilah kita dapat memahami bahwa kemampuan ini sangat penting untuk kita kuasai.
Membaca cepat dapat dikatakan berhasil jika kita mampu menjawab pertanyaan dengan ketepatan minimal 75%. Ada taktik/strategi yang bisa kita lakukan saat membaca cepat. Berikut adalah taktik yang dapat kita lakukan.

Memvariasikan Kecepatan Membaca

Sebenarnya, tidak semua teks dapat kita baca dengan kecepatan yang tetap. Keefektifan membaca kita dapatkan dengan cara mengubah variasi kecepatan membaca. Beberapa bacaan dengan materi yang dianggap sulit mungkin akan dibaca dengan lebih lambat, sedangkan bacaan lainnya dapat dibaca dengan lebih cepat. Berikut adalah penjelasannya.

A. Menurunkan kecepatan membaca
Kita dapat menurunkan kecepatan membaca saat menemukan situasi-situasi di bawah ini.

  • Menemukan kata atau istilah baru yang tidak familiar.
  • Menemukan kalimat atau argumentasi yang cukup panjang
  • Menemukan instruksi detail yang bersifat teknis.
  • Menemukan materi yang secara khusus ingin diingat

B. Meningkatkan kecepatan membaca
Kita dapat meningkatkan kecepatan membaca saat menemukan situasi-situasi di bawah ini.

  • Materi bacaan dianggap mudah dan kita telah memiliki referensi sebelumnya.
  • Contoh dan ilustrasi yang sudah dipahami
  • Penjelasan detail yang sudah tidak dibutuhkan
  • Informasi umum yang dapat dibaca dengan teknik pemindaian.

Memahami Tujuan

Setiap proses membaca memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pahami tujuan kalian ketika hendak membaca sebuah teks atau buku, apakah untuk menguasai suatu pelajaran dengan baik, mencari informasi terkini terkait suatu peristiwa, atau sekadar untuk bersantai. Tujuan yang kalian tetapkan akan menentukan kecepatan kalian dalam membaca.

Menentukan Target Pemahaman yang Diharapkan

Semakin tinggi tingkat pemahaman yang ingin kalian capai semakin berhati-hati dan lambat kecepatan kita dalam membaca. Pembaca yang baik memiliki kecepatan yang fleksibel, terkadang lambat, cepat, atau bahkan sangat cepat.

Membaca per Fungsi Kalimat

Hal yang mebuat kita lama membaca dengan hasil pemahaman yang kurang adalah karena terkadang kita membaca per kata. Agar efektif, pembacaan seharusnya kita lakukan per fungsi kalimat. Setiap kalimat pasti memiliki fungsi. Fungsi yang dimaksud adalah subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan.

Contoh:

Berdasarkan contoh di atas, pembacaan yang efektif adalah dengan menyelesaikan satu fungsi kalimat. Setelah itu, baru berlanjut ke fungsi kalimat yang lain (jeda ditandai dengan garis miring).

Poin Penting

Poin-poin penting dalam topik kali ini adalah sebagai berikut.

  1. Indikator kesuksesan membaca cepat adalah mampu menjawab 75% pertanyaan dengan benar.
  2. Variasikan kecepatan membaca agar mampu memahami dengan teliti.
Menjawab Pertanyaan dengan Peluang Ketepatan Adalah 75% | lookadmin | 4.5