Menilai Pementasan Drama

Menilai Pementasan Drama – Siswa mampu menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa.

Perhatikan gambar berikut ini!

Gambar di atas merupakan salah satu pementasan drama. Di dalam gambar tampak para pemain sedang memeragakan adegan. Terdapat enam pemain di atas panggung. Pemeran perempuan tampak dikerubungi wartawan yang mewawancarainya. Beberapa pemeran wartawan memfoto dan merekam video dengan alat yang digunakannya. Pemain tersebut diketahui sebagai wartawan karena menggunakan properti drama yang menyerupai kamera.

Demikian salah satu contoh penilaian terhadap pementasan drama. Kamu pun dapat menilai suatu pementasan drama yang ditonton secara lebih lengkap. Sebagai contoh, kamu dapat menilai pementasan drama yang dilakukan oleh teman-temanmu sendiri. Menilai pementasan drama yaitu menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari pementasan drama yang ditonton. Penilaian terhadap pementasan drama tersebut harus bersifat objektif, yaitu menilai secara apa adanya sesuai dengan apa yang ditampilkan.

Sebelum menilai pementasan drama, kamu perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang akan dinilai dalam pementasan drama. Pada pelajaran sebelumnya, telah dipelajari unsur-unsur yang akan dinilai dalam pementasan drama. Setelah memahami unsur-unsur tersebut, sekarang saatnya kamu melakukan penilaian terhadap pementasan drama yang dilakukan oleh teman-temanmu.

Berikut aspek-aspek penilaian pementasan drama berdasarkan unsur-unsurnya.

1) Tema
Tema adalah ide utama cerita drama yang dipentaskan. Tema yang baik adalah tema yang menarik bagi penontonnya. Salah satu ciri tema yang menarik adalah mampu membuat penonton menikmati pementasan hingga akhir.

2) Amanat
Amanat adalah pesan moral atau pelajaran yang dapat diambil setelah menonton pementasan tersebut. Penonton dapat mengambil pelajaran dari drama yang ditontonnya secara berbeda-beda.

3) Pemain
Penilaian terhadap pemain drama dapat dilakukan dengan memerhatikan seluruh jalan cerita drama tersebut. Penilaian terhadap pemain mencakup beberapa hal berikut ini.

  • Penjiwaan para pemain dalam memeragakan karakter tokoh yang diperankan
  • Ekspresi wajah pemain sesuai dengan karakter yang diperankan
  • Pelafalan atau artikulasi, yaitu kejelasan pengucapan dialog pemain
  • Intonasi, yaitu ketepatan tinggi rendahnya suara yang diucapkan
  • Volume suara, yaitu nyaring pelannya suara pemain

4) Tata rias
Penilaian terhadap tata rias mencakup kesesuaian riasan yang digunakan dengan karakter tokoh yang diperankan oleh pemain. Misalnya, seorang anak berusia 14 tahun dapat diubah menjadi tampak seperti seorang kakek dengan riasan yang baik.

5) Tata Busana atau Kostum
Penilaian terhadap tata busana atau kostum dalam pementasan drama mencakup kostum yang digunakan para pemain. Apakah kostum tersebut mewakili karakter yang diperankan oleh pemain tersebut? Apakah kostum tersebut mendukung jalan cerita secara keseluruhan?

6) Tata Panggung
Penilaian terhadap tata panggung mencakup kesesuian penataan panggung dengan latar cerita dalam drama. Situasi di atas panggung harus menggambarkan tempat, waktu, dan suasana yang sesuai dengan cerita yang dimainkan. Selain itu, penggunaan properti drama juga harus sesuai dan mendukung jalannya cerita drama yang dipentaskan.

7) Tata Suara
Penilaian terhadap tata suara mencakup kesesuaian bunyi dan musik dengan cerita dalam drama. Bunyi dan musik dalam pementasan drama harus mendukung cerita yang dimainkan.

8) Tata Lampu
Penilaian terhadap tata lampu mencakup kesesuaian pengaturan cahaya atau lampu dengan situasi yang digambarkan dalam drama. Sama halnya dengan tata panggung dan suara, tata lampu juga harus mendukung cerita drama yang dimainkan.

Poin Penting

  1. Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang berisi lakon hidup manusia yang ditulis dalam bentuk dialog dan dapat dipentaskan.
  2. Menilai pementasan drama harus dilakukan secara objektif, yaitu menilai apa adanya sesuai dengan yang ditampilkan.
  3. Pementasan drama dapat dinilai berdasarkan unsur-unsurnya, yaitu tema, amanat, pemain, tata rias, tata busana, tata panggung, tata suara, dan tata lampu.
Menilai Pementasan Drama | lookadmin | 4.5