Mengomentari Pendapat Narasumber

Advertisement

Mengomentari Pendapat Narasumber – Siswa mampu mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif.

Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari langkah-langkah mendata pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif. Setelah pendapat narasumber tersebut didata, maka selanjutnya kamu harus dapat mengomentari pendapat yang dikemukakan oleh narasumber tersebut.

Mengomentari pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif berarti memberikan ulasan atau tanggapan terhadap pendapat yang dikemukakan oleh narasumber dalam dialog tersebut. Komentar yang diberikan harus bersifat objektif, yaitu sesuai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh perasaan pribadi. Komentar yang diberikan dapat menyangkut beberapa hal, seperti: pendapat narasumber, cara narasumber menyampaikan pendapatnya, perbedaan pendapat antara beberapa narasumber, hingga dukungan atau bantahan terhadap pendapat yang dikemukakan narasumber.

Langkah-langkah Mengomentari Pendapat Narasumber

Langkah-langkah mengomentari pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif adalah sebagai berikut.

  1. Menyimak dialog interaktif secara cermat dan saksama;
  2. Memahami tema yang dibicarakam dalam dialog;
  3. Mencatat hal-hal penting yang dikemukakan oleh narasumber;
  4. Memberikan tanggapan atau ulasan terhadap pendapat narasumber secara objektif;
  5. Mencatat tanggapan tersebut sebagai komentar terhadap pendapat narasumber.

Perhatikan Contoh

Agar lebih jelas, perhatikan dialog interaktif berikut disertai dengan komentarnya!

Berikut komentar terhadap pendapat narasumber dalam dialog tersebut.

Dialog tersebut membahas strategi menghadapi Ujian Nasional (UN). Dalam dialog tersebut terdapat dua orang narasumber, yaitu Bapak Susilo selaku staf Dirjen Pendidikan Menengah dan Ibu Nining selaku pakar pendidikan. Pada awalnya, Pak Susilo menjelaskan bahwa persiapan UN telah mencapai 90% dan hanya tinggal menyempurnakan distribusi soal UN ke seluruh daerah. Terkait persiapan yang harus dihadapai siswa, Pak Susilo menyebutkan bahwa siswa seharusnya menyadari bahwa UN adalah evaluasi belajar dan jangan dihadapi seolah-olah UN adalah penentu nasib. Akibatnya, seringkali siswa merasa harus melakukan cara apapun meskipun buruk untuk mendapat nilai yang baik. Senada dengan pendapat Pak Susilo, Ibu Nining juga berpendapat sama. Siswa tidak merlu takut dan menganggap UN menyeramkan. Ibu Nining menyatakan bahwa UN harus dihadapi serius sehingga mampu memicu keujuran dan tanggung jawab siswa. Kedua narasumber dalam dialog interaktif tersebut memiliki pendapat yang bersamaan. Keduanya saling mendukung pendapat masing-masing sehingga dihasilkan sebuah solusi yang sangat baik untuk menghadapi UN.

Poin Penting

  1. Mengomentari pendapat narasumber dalam sebuah dialog interaktif berarti memberikan tanggapan atau ulasan terhadap pendapat narasumber dalam dialog tersebut.
  2. Komentar terhadap pendapat narasumber harus bersifat objketif, yaitu sesuai dengan kondisi yang sebenarnya tanpa dipengaruhi perasaan pribadi.

 

Advertisement
Mengomentari Pendapat Narasumber | lookadmin | 4.5