Mengidentifikasi Peristiwa dalam Puisi

Mengidentifikasi Peristiwa dalam Puisi – Siswa mampu mengidentifikasi peristiwa dalam puisi.

Sukakah kamu membaca puisi? Puisi merupakan karya sastra yang sangat menarik. Di materi sebelumnya, kamu telah belajar tentang puisi yang mengangkat keindahan alam. Sekarang kita akan belajar tentang puisi yang dibuat berdasarkan peristiwa yang pernah dialami.

PUISI BERDASARKAN PERISTIWA YANG DIALAMI

Bacalah puisi di bawah ini dan hayati isinya!

Apa yang kamu rasakan setelah membaca puisi tersebut? Apakah kamu bisa turut merasakan gaung Piala Dunia yang diceritakan? Apakah kamu bisa membayangkan hal-hal yang dituliskan dalam puisi tersebut?

Ada banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi bagi para penyair dalam menuliskan puisinya. Bisa keindahan alam seperti yang kita bahas pada materi sebelumnya, bisa juga tentang peristiwa yang dialami seseorang, baik yang menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, dan lain sebagainya. Jika pernah menulis buku harian, sama halnya dengan menulis puisi, kamu bisa menceritakan semua pengalamanmu, tetapi dalam bentuk yang berbeda dan dengan bahasa yang lebih puitis atau indah.

Ingatkah kamu, puisi merupakan bentuk ungkapan pengarangnya terhadap berbagai hal dalam kehidupan yang ia lihat, dengar, rasakan, dan alami. Dari puisi tentang sebuah peristiwa, kita akan diajak melihat peristiwa, pengalaman, atau permasalahan dari kacamata si penulis puisi.

Puisi di atas menceritakan pandangan Adryan (sang penulis) terhadap peristiwa maraknya Piala Dunia. Ia menceritakan tentang orang-orang yang ramai membicarakannya, baik di desa maupun di kota. Di akhir pengamatannya, Adryan bermimpi jika Indonesia bisa mengikuti ajang tersebut, atau yang lebih hebat lagi, menjadi juara.

Peristiwa-peristiwa yang diangkat penulis ke dalam puisi bisa mencakup berbagai hal. Sekarang, simaklah puisi dari Wiji Thukul di bawah ini yang bercerita tentang hasrat berjuangnya yang tak kunjung padam meskipun ia dipenjara. Rasakan semangat dan daya juang yang sangat kental dalam puisi tersebut.

Poin Penting

  1. Salah satu inspirasi puisi adalah peristiwa atau pengalaman yang dialami penulisnya.
  2. Puisi merupakan bentuk ungkapan pengarangnya terhadap berbagai hal dalam kehidupan yang ia lihat, dengar, rasakan, dan alami.
  3. Dari puisi tentang sebuah peristiwa, kita akan diajak melihat peristiwa, pengalaman, atau permasalahan dari kacamata si penulis puisi.
Mengidentifikasi Peristiwa dalam Puisi | lookadmin | 4.5