Close Klik 2x

Mengidentifikasi Perilaku dan Kebiasaan dalam Cerita Anak

Advertisement

Mengidentifikasi Perilaku dan Kebiasaan dalam Cerita Anak – Siswa mampu mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan dalam cerita anak.

Kalian tentu pernah membaca cerita anak, bukan? Bahkan sejak balita sampai dengan sekarang pasti orang tua kalian pernah menceritakan atau membacakan sebuah cerita anak yang seru dan menarik. Cerita anak biasanya berisi pengalaman dan petualangan yang seru dan menantang dari tokoh-tokohnya, dan semua itu dapat memperluas wawasan kita. Selain itu, dalam cerita anak biasanya terdapat kebiasaan-kebiasaan dan perilaku yang dapat dijadikan pelajaran, baik yang harus diteladani maupun yang harus dihindari.
Pada pembahasan kali ini, kalian akan berlatih cara mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan yang ada dalam sebuah cerita anak. Langkah-langkah yang perlu kalian lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Membaca sebuah cerita atau cuplikan cerita anak sampai tuntas;
  2. Menandai perilaku atau kebiasaan yang dilakukan tokoh dalam cerita anak yang kalian baca;
  3. Memberikan bukti tekstual berupa cuplikan atau potongan cerita sebagai bukti bahwa perilaku dan kebiasaan tersebut memang dilakukan.

Perhatikan Contoh

Sebagai contoh, perhatikan cerita anak di bawah ini!

Dalam cerita anak di atas, ada beberapa perilaku dan kebiasaan tokoh yang patut kita jadikan teladan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Membantu orang tua setiap hari sambil tetap melaksanakan kewajiban untuk ibadah dan sekolah. Hal ini terlihat dalam cuplikan ceritaIa selalu membantu orang tuanya berjualan di pasar sebelum ia berangkat sekolah. Sebelum pergi ke pasar untuk membantu orang tuanya, ia selalu menyempatkan untuk salat subuh berjamaah di masjid dekat tempat tinggalnya.
  2. Menolong orang lain yang sedang kesulitan dengan tulus dan ikhlas meskipun kita sedang kesulitan. Perilaku tersebut tampak pada beberapa cuplikan di bawah ini.
    Di kelas ia selalu menjadi teman yang baik dan paling sering membantu temannya yang sedang kesusahan.
    dan
    Tak lama kemudian si kakek bangkit dari duduknya dan berkata, “Apakah kamu bisa membantu kakek membawakan daun jati dalam pikulan ini?”
    Ravi melongok pikulan kakek itu yang berisi daun jati yang sangat banyak. “Oh, bisa, Kek.Tentu,” kata Ravi, “mau di bawa ke mana, Kek, daun jati ini?” tanya Ravi kembali.
    “Daun jati ini ingin aku antar ke rumah seorang pedagang kota di ujung kampung ini. *Maukah kamu membantu kakek?” tanya kakek itu sekali lagi.
    “Siap, Kek, dengan senang hati” Ravi menjawab dengan sigap.
    “Tapi bagaimana dengan ban sepeda mu yang masih kempes?” si kakek meragukan Ravi.
    “Tenang, Kek, di ujung jalan sana ada bengkel sepeda. Mungkin mereka punya pompa untuk ban sepedaku,” kata Ravi.
  3. Membalas budi orang yang telah menolong. Perilaku tersebut terlihat pada cuplikan di bawah ini.
    “Terima kasih, Cu, kau telah membantu kakek waktu itu. Nah, sebagai hadiahnya aku berikan kepadamu sepeda baru untuk menggantikan sepeda bututmu yang sudah usang itu,”
  4. Menyamar untuk menolong orang yang miskin dan yang sedang dalam kesulitan. Hal itu yang dilakukan oleh si kakek sebagaimana tampak pada cuplikan di bawah ini.
    Sontak Ravi kaget bukan kepalang. Ternyata kakek yang ia tolong waktu itu adalah saudagar kaya yang sering membantu orang-orang yang sedang kesusahan. Kakek itu memang sering menyamar untuk bisa menolong orang yang miskin dan sedang dalam kesulitan. Akhirnya Ravi senang sekali mendapatkan hadiah sepeda baru dari si kakek penolong.

Poin Penting

  1. Cerita anak biasanya berisi pengalaman dan petualangan yang seru dan menantang sehingga wawasan kita bertambah.
  2. Kebiasaan dan perilaku yang terdapat dalam cerita anak dapat dijadikan pelajaran.
  3. Langkah-langkah yang perlu kalian lakukan adalah sebagai berikut.
  • membaca sebuah cerita anak sampai tuntas;
  • menandai perilaku atau kebiasaan yang dilakukan tokoh dalam cerita anak yang kalian baca;
  • memberikan bukti tekstual berupa cuplikan atau potongan cerita sebagai bukti bahwa perilaku dan kebiasaan tersebut memang dilakukan.
Mengidentifikasi Perilaku dan Kebiasaan dalam Cerita Anak | lookadmin | 4.5