Mengidentifikasi Keindahan Alam dalam Puisi

Mengidentifikasi Keindahan Alam dalam Puisi – Siswa mampu mengidentifikasi keindahan alam dalam puisi.

Sukakah kamu membaca puisi? Puisi merupakan karya sastra yang sangat menarik. Di materi sebelumnya, kamu telah belajar tentang puisi dari segi pembacaannya dan pemahaman tentang isinya. Kali ini, kita akan belajar menulis puisi tentang keindahan alam. Sebelum itu, mari kita mencoba menemukan keindahan alam di dalam puisi.

Keindahan Alam dalam Puisi

Bacalah puisi di bawah ini dan hayati isinya!

Apa yang kamu rasakan setelah membaca puisi tersebut? Apakah kamu merasa damai dan tenteram? Dapatkah kamu membayangkan hal-hal yang dituliskan dalam puisi tersebut?

Alam memang menyediakan keindahan yang sering menjadi inspirasi bagi para penyair dalam karya-karyanya. Dalam puisi tentang keindahan alam, kita biasanya diajak untuk mengagumi ciptaan Tuhan. Puisi juga merupakan bentuk ungkapan pengarangnya terhadap berbagai hal dalam kehidupan yang ia lihat, dengar, rasakan, dan alami.

Puisi di atas bercerita tentang salah satu keindahan alam, yaitu suasana pagi hari yang permai. Beraneka fenomena alam, baik hewan dan tumbuhan, digambarkan turut menceriakan suasana pagi tersebut. Seperti burung yang berkicau dengan riang, rimbun pepohonan yang segar, anggrek yang bergoyang, capung yang menghirup embun, dan lain sebagainya. Setelah membaca puisi ini, kamu dapat membayangkan berada di sebuah tempat yang membawa keceriaan pagi tersebut.

Keindahan alam bisa juga digunakan sebagai bagian dalam memperindah puisi atau sebagai penghantar ke pembahasan lain. Misalnya dalam contoh puisi berikut.

Puisi di atas memiliki latar tempat di hutan cemara. Sang pengarang banyak bercerita tentang hutan cemara dan suasananya yang basah dan berkabut. Akan tetapi, bila disimak lebih jauh, inti puisi tersebut bukanlah tentang hutan cemara tersebut. Perhatikan bait kedua! Pengarang menuliskan tentang kelelahannya berjuang dalam hidup, yang sebenarnya merupakan inti puisinya.

Poin Penting

  1. Salah satu tema puisi yang banyak diangkat adalah tentang keindahan alam.
  2. Dalam puisi tentang keindahan alam, kita biasanya diajak untuk mengagumi ciptaan Tuhan.
  3. Puisi juga merupakan bentuk ungkapan pengarangnya terhadap berbagai hal dalam kehidupan yang ia lihat, dengar, rasakan, dan alami.
  4. Ada puisi yang murni mengangkat keindahan alam. Akan tetapi, keindahan alam juga bisa digunakan sebagai bagian dalam memperindah puisi, atau sebagai penghantar ke pembahasan lain.
Mengidentifikasi Keindahan Alam dalam Puisi | lookadmin | 4.5