Close Klik 2x

Mengidentifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Induktif

Advertisement

Mengidentifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Induktif – Siswa mampu mengidentifikasi ide pokok dalam paragraf induktif.

Perhatikan gambar berikut ini!

(sumber: www.flickr.com)

Seberapa sering kamu minum air dalam satu hari? Lalu, apa yang akan terjadi jika manusia tidak mengonsumsi air? Selain manusia, makhluk apa lagi yang memerlukan air? Coba perhatikan lagi gambar berikut lalu tebak, apakah makhluk di dalam gambar berikut membutuhkan air?

(Sumber: www.flickr.com)
Ya, benar!

Kucing membutuhkan air. Begitu pun dengan binatang lainnya, tentu membutuhkan air.
Bunga membutuhkan air. Begitu pun dengan tumbuhan lainnya, tentu membutuhkan air.

Maka, kita sudah dapat beberapa pernyataan, yaitu:

– Manusia membutuhkan air

– Binatang membutuhkan air

– Tumbuhan membutuhkan air

Lalu, apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari ketiga pernyataan di atas? Kesimpulannya adalah semua makhluk hidup membutuhkan air.

Dari ilustrasi di atas, kita dapat melihat bahwa kesimpulan yang kita hasilkan adalah pernyataan umum bahwa semua makhluk hidup membutuhkan air. Pernyataan umum tersebut diperoleh dari pernyataan-pernyataan khusus, yaitu manusia membutuhkan air, binatang membutuhkan air, dan tumbuhan membutuhkan air (manusia, binatang, dan tumbuhan merupakan jenis-jenis makhluk hidup).

Cara menarik kesimpulan seperti itu disebut dengan berpikir induktif, yaitu menarik kesimpulan dengan menjabarkan pernyataan-pernyataan khusus terlebih dahulu. Begitu pun dalam menulis sebuah paragraf, kamu dapat menerapkan cara berpikir demikian. Paragraf yang dikembangkan dengan cara berpikir tersebut disebut dengan paragraf induktif.

Untuk lebih memahami paragraf induktif dan cara mengidentifikasi ide pokok di dalamnya, ayo simak pembahasan dan contoh materi berikut!

Ide Pokok dalam Paragraf Induktif

Ide pokok adalah gagasan atau pikiran yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama atau gagasan pokok. Setiap paragraf memiliki satu ide pokok. Ide pokok tersebut dinyatakan secara eksplisit (jelas) dalam sebuah kalimat yang disebut kalimat utama atau kalimat pokok. Setiap paragraf terdiri atas satu kalimat utama yang dikembangkan jadi beberapa kalimat lainnya yang disebut dengan kalimat penjelas. Gagasan yang mendukung ide pokok disebut dengan ide atau gagasan penjelas.

Kalimat utama dalam sebuah paragraf dapat terletak di awal paragraf atau akhir paragraf. Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir kalimat. Hal tersebut berlawanan dengan paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak di awal kalimat.

Agar dapat mengidentifikasi ide pokok dalam paragraf induktif, berikut hal yang perlu diperhatikan:

1. Membaca paragraf secara keseluruhan;

2. Menentukan kalimat yang mengandung informasi paling penting dari paragraf tersebut;

3. Menentukan apakah paragraf tersebut merupakan paragraf induktif atau bukan, dengan melihat letak kalimat utamanya;

4. Menentukan ide pokok yang dinyatakan dalam kalimat utama tersebut.

Perhatikan contoh!

Kebahagiaan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Hal tersebut yang melandasi dilakukannya survei terhadap indeks kebahagiaan masyarakat yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Ada beberapa indikator yang diukur oleh BPS, di antaranya kepuasaan terhadap pekerjaan, pendapatan, kondisi rumah, pendidikan, kesehatan, dan keharmonisan keluarga. Berdasarkan komponen tersebut diperoleh bahwa indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia mencapai 65,11%. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata hidup dengan bahagia.

Paragraf di atas membahas survei terhadap indeks kebahagiaan masyarakat yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan survei tersebut, masyarakat Indonesia dinilai hidup dengan bahagia (65,11 %). Informasi paling penting pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat terakhir, yaitu hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata hidup dengan bahagia. Maka, kalimat tersebut merupakan kalimat utama. Adapun kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang informasinya mendukung kalimat utama. Dengan demikian, paragraf tersebut merupakan paragraf induktif dan ide pokok dalam paragraf tersebut adalah masyarakat Indonesia rata-rata hidup dengan bahagia.

Poin Penting

  1. Ide pokok merupakan sebuah gagasan, pikiran, atau informasi paling penting dari sebuah paragraf;
  2. Ide pokok dinyatakan dalam sebuah kalimat utama, namun ide pokok tidak selalu sama dengan kalimat utamanya;
  3. Ide pokok dalam paragraf induktif terdapat pada kalimat utamanya yang terletak di akhir paragraf;
  4. Gagasan yang mendukung ide pokok disebut dengan ide atau gagasan penjelas.
Mengidentifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Induktif | lookadmin | 4.5