Close Klik 2x

Mengidentifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif

Advertisement

Mengidentifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif – Siswa mampu mengidentifikasi ide pokok dalam paragraf deduktif.

Sebelum mempelajari materi ini lebih lanjut, ayo kita bermain tebak-tebakan sederhana!

Di atas adalah beberapa gambar kendaaraan bermotor. Kendaraan bermotor tersebut membutuhkan sumber energi berupa bahan bakar. Coba kamu sebutkan bahan-bahan bakar apa saja yang dibutuhkan oleh semua kendaraan bermotor di atas?

Dari kuis sederhana di atas, kamu dapat membuat pernyataan berikut ini.

Pernyataan tersebut masih bersifat umum karena kendaraan bermotor memiliki banyak jenis. Maka, kamu dapat membuat pernyataan yang lebih khusus, misalnya:

Dari kedua pernyataan tersebut, kamu dapat menyimpulkan sebagai berikut ini.

Dari ilustrasi di atas, dapat dilihat bahwa suatu pernyataan umum dapat kita rinci menjadi beberapa pernyataan khusus. Begitu pun saat menulis sebuah paragraf, kamu dapat menulis sebuah pernyataan umum, kemudian kamu kembangkan lagi pernyataan itu menjadi beberapa pernyataan khusus. Cara menulis seperti itu disebut cara berpikir induktif.

Untuk lebih memahami apa itu paragraf deduktif dan bagaimana mengidentifikasi ide pokok di dalamnya, simak pembahasan dan contoh materi berikut ini!

Identifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif

Ide pokok adalah gagasan atau pikiran yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama atau gagasan pokok. Setiap paragraf memiliki satu ide pokok. Ide pokok tersebut dinyatakan secara eksplisit (jelas) dalam sebuah kalimat yang disebut kalimat utama atau kalimat pokok. Setiap paragraf terdiri atas satu kalimat utama yang dikembangkan jadi beberapa kalimat lainnya yang disebut dengan kalimat penjelas. Gagasan yang mendukung ide pokok disebut dengan ide atau gagasan penjelas.

Kalimat utama dalam sebuah paragraf dapat terletak di awal paragraf atau akhir paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf disebut dengan paragraf deduktif, sedangkan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif. Selain itu, ada pula paragraf yang kalimat utamanya di awal dan akhir paragraf. Paragraf tersebut disebut dengan paragraf campuran. Hanya saja, sebuah paragraf umumnya terdiri atas satu kalimat utama yang terletak di awal atau akhir paragraf.

Selain itu, ada juga paragraf yang ide pokoknya tersebar di semua kalimat. Ide pokok demikian biasanya terdapat pada paragraf dengan pola pengembangan narasi atau deskripsi. Paragraf narasi bersifat menceritakan, sedangkan paragraf deskripsi merupakan penggambaran terhadap seseorang, benda, atau suasana. Kedua paragraf tersebut biasanya tidak memiliki kalimat utama karena semua kalimatnya merupakan gagasan yang penting dan saling berkesinambungan.

Berikut langkah-langkah mengidentifikasi ide pokok dalam paragraf deduktif.
1. Membaca paragraf secara keseluruhan;
2. Menentukan kalimat yang mengandung informasi paling penting dari paragraf tersebut;
3. Menentukan apakah paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif atau bukan, dengan melihat letak kalimat utamanya;
4. Menentukan ide pokok yang dinyatakan dalam kalimat utama tersebut.

Agar lebih mudah dipahami, bacalah paragraf berikut dan tentukan ide pokoknya!

Paragraf di atas membahas penyebab bencana banjir. Informasi paling penting pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu pemicu utama bencana banjir adalah faktor perilaku manusia. Dengan demikian, kalimat pertama adalah kalimat utama. Adapun kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang informasinya mendukung gagasan pada kalimat utama. Dengan demikian, paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif dan ide pokok dalam paragraf tersebut adalah faktor perilaku manusia sebagai penyebab utama banjir.

Poin Penting

  1. Ide pokok merupakan sebuah gagasan, pikiran, atau informasi paling penting dari sebuah paragraf;
  2. Ide pokok dinyatakan dalam sebuah kalimat utama, namun ide pokok tidak selalu sama dengan kalimat utamanya;
  3. Ide pokok dalam paragraf deduktif terdapat pada kalimat utamanya yang terletak di awal paragraf;
  4. Gagasan yang mendukung ide pokok disebut dengan ide atau gagasan penjelas.
Advertisement
Mengidentifikasi Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif | lookadmin | 4.5