Close Klik 2x

Mengidentifikasi Benda-Benda di Sekitar

Advertisement

Mengidentifikasi Benda-Benda di Sekitar – Di lingkungan sekitar terdapat banyak sekali benda. Mobil, motor, sepeda, sepatu, pensil, udara, papan tulis merupakan bentuk benda. Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lain.

Secara umum ada dua kategori benda di lingkungan sekitar, yaitu benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup merupakan jenis benda yang memiliki ciri-ciri makhluk hidup seperti bernapas, bergerak, berkembang biak, menanggapi rangsang, dan lain-lain. Benda tak hidup merupakan jenis benda yang tidak memiliki ciri-ciri hidup contohnya batu, pasir, rumah, dan lain-lain.

Identifikasi benda sekitar dapat dilakukan berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.
Macan tutul dapat bergerak, sedangkan buku dan pensil tidak dapat bergerak. Macan tutul dapat berkembangbiak, sedangkan buku dan pensil tidak dapat berkembangbiak.

Benda-benda di sekitar mempunyai ciri-ciri berikut.
Bentuk benda yang berbeda-beda.
Ukuran benda yang berbeda-beda.
Warna benda yang berbeda-beda.
Keadaan permukaan benda berbeda-beda.
Bahan penyusun benda berbeda-beda.

Adapun penjelasan masing-masing sebagai berikut.

1. Ukuran Benda
Ukuran suatu benda dapat menjadi media identifikasi, karena tidak semua benda memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Contohnya gajah dan semut.

2. Warna Benda
Setiap makhluk hdup pasti memiliki warna yang spesifik. Kekhasan warna tersebut dapat menjadi alat untuk mengidentifikasi nama-nama suatu benda. Contohnya bunga mawar umumnya berwarna merah atau putih, bunga meati selalu berwarna putih, dan lain sebagainya.

3. Keadaan Permukaan Benda
Jenis permukaan suatu benda ada yang kasar dan halus. Indera peraba tentu dapat mengidentifikasi suatu benda melalui sentuhannya. Contoh pasir laut dan pasir sungai. Permukaan kedua pasir tersebut sudah jelas berbeda, dengan meraba tentunya kita bisa membedakan keduanya.

4. Bahan Penyusun Benda
Susunan bahan suatu benda akan memberikan pengaruh pada bentuk fisiknya. Hal itu juga dapat dijadikan langkah identifikasi suatu benda. Contohnya bahan penyusun pensil dan pulpen.

Advertisement
Mengidentifikasi Benda-Benda di Sekitar | lookadmin | 4.5