Mengevaluas Hasil Membaca Cepat

Advertisement

Mengevaluas Hasil Membaca Cepat – Siswa mampu menghitung pemahaman isi bacaan.
• Siswa mampu menghitung nilai hasil membaca cepat.

Sudahkah kamu mempraktikkan membaca cepat pada sebuah wacana? Apakah kamu dapat memahami isi bacaan tersebut dengan baik? Pada materi sebelumnya, kamu telah belajar cara mengukur kemampuan membaca dengan menggunakan beberapa rumus. Pada pembahasan kali ini, kamu akan mengulang beberapa rumus kemarin sebagai tindak lanjut cara mengevaluasi hasil membaca cepat, terutama rumus pemahaman isi bacaan.

Kunci agar mudah memahami isi bacaan ketika membaca cepat antara lain adalah konsentrasi dan fokus terhadap bacaan, yaitu dengan memusatkan pandangan mata agar tidak salah membaca. Jika konsentrasi berkurang, besar kemungkinan kamu akan mengulang kata-kata sebelumnya sehingga akan membuang waktumu ketika membaca cepat.

Salah satu indikator bahwa kamu memahami isi suatu bacaan adalah ketika kamu mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diajukan seputar bacaan yang telah dibaca. Jika jawaban yang tepat lebih banyak daripada jawaban yang salah, dapat disimpulkan bahwa kamu telah paham dengan baik isi dari bacaan tersebut dengan catatan tidak mengulang bacaan ketika menjawab pertanyaan. Hal itu merupakan evaluasi terhadap bacaan yang telah kamu baca.

Sebagaimana telah kita bahas sebelumnya bahwa untuk mengetahui pemahaman terhadap isi bacaan dapat menggunakan rumus BSI×100%=...%, yaitu nilai atau skor dari jawaban yang benar dibagi skor maksimal lalu dikalikan seratus persen, misalnya dalam waktu 2 menit, Arya mampu membaca 500 kata dan menjawab dengan tepat 7 dari 10 pertanyaan sehingga pemahaman Arya terhadap isi bacaan adalah dengan menghitung 70100×100%=70. Artinya, tingkat pemahaman Arya terhadap teks yang telah dibacanya mencapai 70%, dan itu merupakan ukuran minimal seorang siswa dalam memahami isi bacaan. Dengan kata lain, ukuran pemahaman isi bacaan seseorang dapat kita kategorikan sebagai berikut.

  • ≤69%=kurang
  • 70%-79%=cukup
  • 80%-89%=baik
  • ≥90%=sangat baik

Pemahaman terhadap isi bacaan sangat berpengaruh terhadap evaluasi bacaan dan penghitungan kecepatan efektif membaca. Sekadar mengingatkanmu bahwa rumus untuk mengetahui kecepatan efektif membaca (KEM) adalah KEM=KWm×BSI=...kpm

Try it!

{Cobalah!}
Untuk menguji pemahamanmu, cobalah praktikkan membaca cepat pada teks berikut ini!

Selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk mengevaluasi hasil membacamu tanpa mengulang kembali teks di atas!

  1. Apakah arti menabung?
  2. Mengapa menabung disebut kebiasaan baik?
  3. Mengapa menabung sulit diaplikasikan?
  4. Bagaimana fenomena menabung pada zaman modern sekarang ini?
  5. Bagaimana cara yang baik untuk melatih anak gemar menabung?
  6. Apa peribahasa yang dijadikan moto dalam menabung?
  7. Apa keuntungan menabung di bank?
  8. Apa kendala menabung di bank?
  9. Apa saja manfaat menabung?
  10. Siapa yang akan bangga jika kita rajin menabung?

Poin Penting

  1. Kunci agar mudah memahami isi bacaan ketika membaca cepat antara lain dengan konsentrasi dan fokus terhadap bacaan.
  2. Salah satu indikator seseorang paham terhadap isi suatu bacaan adalah mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diajukan seputar teks yang telah dibaca.
  3. Untuk mengetahui pemahaman terhadap isi bacaan adalah dengan rumus BSI×100%=...%
  4. Ukuran pemahaman isi bacaan seseorang dapat kita kategorikan sebagai berikut.
  • ≤69%=kurang
  • 70%-79%=cukup
  • 80%-89%=baik
  • ≥90%=sangat baik
Advertisement
Mengevaluas Hasil Membaca Cepat | lookadmin | 4.5