Close Klik 2x

Mengenal Peran Moderator atau Pembawa Acara dalam Diskusi

Advertisement

Mengenal Peran Moderator atau Pembawa Acara dalam Diskusi – Siswa paham cara memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

Pada topik ini kalian akan mempelajari tentang peran dan intonasi dari seorang moderator saat memperkenalkan diri dan orang lain dalam forum resmi.

Moderator

Moderator merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk mengatur atau mengawasi jalannya sebuah forum resmi. Tujuan utama dari adanya seorang moderator adalah agar kegiatan yang dilakukan dalam forum tersebut berjalan lancar dan kondusif.

Tugas-tugas dari seorang moderator adalah sebagai berikut.

1. Mengawasi dan juga mengawal rapat atau diskusi yang berlangsung agar sesuai dengan topik yang diangkat dalam diskusi tersebut.

2. Mampu menghadirkan ide-ide baru agar diskusi atau rapat menjadi lebih hidup.

3. Tugas moderator juga mengatur diskusi atau rapat yang menjadi tanggung jawabnya.

4. Mengendalikan jalannya rapat atau diskusi dengan baik, jangan sampai keluar bahasan.

5. Memberikan pemberitahuan dan peringatan kepada peserta bila terjadi kegaduhan dalam rapat atau diskusi.

6. Memperkenalkan pembicara dalam sebuah diskusi atau rapat.

Peran dan Intonasi Moderator dalam Mengenalkan Diri dan Orang Lain

Seorang moderator memiliki tugas salah satunya adalah untuk memperkenalkan para pembicara dalam sebuah forum resmi, sebelumnya ia pun harus memperkenalkan dirinya. Memperkenalkan diri dan orang lain dalam sebuah forum resmi tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh moderator dalam hal perkenalan diri. Hal-hal tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Mengetahui unsur-unsur dalam memperkenalkan diri dan orang lain.
Unsur-unsur dalam perkenalan di antaranya adalah nama, tanggal lahir, pendidikan, pengalaman, prestasi, hasil karya, dan kegiatan yang akan dilakukan. Unsur lainnya seperti usia, alamat, dan lain-lain bisa juga ditambahkan selama tidak banyak memakan waktu.
Contohnya seperti di bawah ini.

Selamat siang Saudara-Saudara yang kami hormati. Dalam kesempatan kali ini, perkenalkan saya Deni Adrian. Saya adalah peserta didik kelas XII SMAN 1. Saya saat ini aktif sebagai ketua pengawas OSIS. Saat ini saya berperan sebagai moderator.

Selanjutnya, sebagai pembicara utama dalam forum diskusi ini saya perkenalkan Bapak Idris Arianto. Beliau merupakan ketua Dinas Pendidikan Daerah X. Beliau merupakan lulusan S3 dari Universitas B dan telah banyak merih prestasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Bapak yang memiliki hobi bulu tangkis ini akan memaparkan makalahnya yang berjudul “Perjuangan Pendidik, Perjuangan Kita Semua”.

2. Mengetahui dan Memahami Tata Cara Perkenalan Diri dan Orang Lain.
Ada beberapa tata cara dalam perkenalan diri dan orang lain yang perlu diperhatikan dan dipahami. Hal tersebut agar proses perkenalan diri dan orang lain berjalan lancar serta tujuan utama dari perkenalan tersebut tercapai.

Tata cara memperkenalkan diri dan orang lain adalah seperti di bawah ini.

a. Gunakan struktur kalimat dengan benar. Artinya, unsur-unsur kalimat yang digunakan lengkap sehingga kalimat yang disampaikan mudah dipahami oleh pendengar. Contohnya seperti berikut.
– Saya menjabat sebagai ketua persatuan siswa (unsur kalimat jelas dan lengkap).
– Saya ketua persatuan siswa (kalimat kurang lengkap).

b. Gunakan kata sapaan yang tepat dan efektif.
Kata sapaan yang tepat sangat penting sifatnya dalam sebuah forum diskusi resmi. Misalnya menggunakan Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu untuk yang lebih dewasa dari moderator, Saudara-Sudara untuk yang sebaya, dan bisa juga para hadirin atau para peserta.

c. Gunakan pilihan kata yang tepat. Pilihan kata yang tepat akan bisa menyampaikan informasi yang dimaksud dengan baik. Contohnya seperti berikut.
– Sebelumnya, saya akan memperkenalkan diri (pilihan kata tepat).
– Sebelumnya, diriku akan memperkenalkan diri (pilihan kata kurang tepat).

d. Gunakan kalimat yang efektif.
Kalimat efektif merupakan kalimat yang jelas, logis, tidak bermakna ganda, dan mudah untuk dipahami oleh orang lain. Contohnya seperti berikut.
– Bapak Ardi saya persilakan untuk memulai diskusi.
– Waktu dan tempat saya persilakan.
Kalimat pertama merupakan kalimat yang efektif, logis, dan tepat penggunaannya, sedangkan kalimat kedua kurang efektif dan tidak logis.
e. Perhatikan tekanan, intonasi, lafal, dan jeda.

Tekanan, hal ini berhubungan dengan keras lembutnya ucapan. Penekanan pada bagian yang berbeda pada sebuah kalimat yang sama akan menghasilkan makna yang berbeda. Misalnya untuk hal yang penting bisa dilakukan penekanan dalam pengucapannya sedangkan untuk hal-hal yang kurang penting, bisa diucapkan dengan lembut saja.

Intonasi, hal ini berhubungan dengan naik turunnya nada dalam kalimat. Intonasi dalam bagian perkenalan sangat penting untuk diperhatikan agar perkenalan diri dan orang lain berhasil dilakukan dengan baik dan poin pentingnya tersampaikan pada pendengar.

Lafal, pelafalan setiap kata dalam kalimat perkenalan penting untuk diperhatikan.
Jeda, bisa dilakukan secara pendek dan panjang. Fungsinya untuk mengatur napas dan juga pembicaraan.
f. Perhatikan mimik wajah, vokal, dan gerak.

Poin Penting

  1. Perkenalan diri dan orang lain oleh moderator dalam sebuah forum resmi dilakuka dengan jelas, efektif, dan tepat sasaran.
  2. Memperhatikan dan memahami unsur-unsur perkenalan diri dan orang lain.
  3. Memperhatikan dan memahami tata cara perkenalan diri dan orang lain dengan baik dan jelas.
Mengenal Peran Moderator atau Pembawa Acara dalam Diskusi | lookadmin | 4.5