Mengenal Notula

Mengenal Notula – Siswa dapat menulis laporan diskusi dengan melampirkan notula dan daftar hadir.

Pernahkah kalian berdiskusi dengan teman satu kelas ketika merencanakan sebuah kegiatan misalnya “proyek sosial” atau berdiskusi dengan anggota keluarga ketika merencanakan liburan? Kegiatan di atas adalah contoh paling sederhana dari sebuah kegiatan yang dinamakan “RAPAT”.

Agar pembicaraan dalam rapat terarah dan hasilnya dapat diketahui oleh semua anggota, diperlukan seorang pemimpin rapat dan notulis (pencatat hasil rapat). Hasil keputusan bersama yang ditulis secara sistematis dari awal sampai akhir kegiatan dinamakannotula (Rekam Acara).

Contoh 1:
Mari kita perhatikan notula rapat pementasan drama di bawah ini!

Bila kita amati struktur notula di atas, akan kita peroleh susunan notula sebagai berikut.
a. Kepala
Notula Rapat
Topik:
Hari/Tanggal:
Waktu:
Tempat Pelaksanaan:
Acara/Susunan Acara:
1. Salam pembuka
2. Pembukaaan
3. Pembahasan
4. Pembacaan keputusan hasil rapat
Unsur Rapat:
1. Ketua :
2. Wakil Ketua:
3. Notulis:
4. Peserta:

b. Isi
1. Salam pembuka

2. Pembukaan
3. Pembahasan
4. Pembacaan keputusan hasil rapat
5. Waktu penutupan rapat
c. Ekor
Lampiran :
Daftar Hadir dan tanda tangan
Contoh 2:

  1. Rapat dibuka dengan pembacaan salam dari pembawa acara : Assalamualaikum wr. wb. Hari ini kita akan membahas tentang proyek drama untuk tampilan kelas akhir semester.
  2. Ketua mengusulkan : Cerita Drama yang akan ditampilkan bertemakan persahabatan 3 orang (Jeane, Bila, Fira) yang kemudian menjadi 4 orang karena kedatangan mahasiswa baru bernama Hana.
  3. Bila mengusulkan : Bagaimana kalau pementasan drama tidak live semua, tetapi diselingi cuplikan film yang dilakukan di luar pentas agar terlihat tidak monoton

      Bila kita perhatikan bagian yang ditulis pada contoh di atas adalah bagian dari isi notula karena terdapat bagian :
1. Salam Pembuka : Rapat dibuka dengan pembacaan salam dari pembawa acara Assalamualaikum wr. wb.
Pembukaan : Hari ini kita akan membahas tentang proyek drama untuk tampilan kelas akhir semester.
2. Pembahasan :
• Ketua mengusulkan : Cerita Drama yang akan ditampilkan bertemakan persahabatan 3 orang (Jeane, Bila, Fira) yang kemudian menjadi 4 orang karena kedatangan mahasiswa baru bernama Hana.
• Bila mengusulkan : Bagaimana kalau pementasan drama tidak live semua, tetapi diselingi cuplikan film yang dilakukan di luar pentas agar terlihat tidak monoton

Poin Penting

  1. Rapat ialah berdiskusi antara dua orang atau lebih untuk membicarakan sesuatu yang menyangkut kepentingan bersama.
  2. Notulis ialah orang yang menulis hasil rapat. Dalam penulisan notula rapat, notulis dapat memakai bahasa yang padat, singkat, dan tidak bertele-tele.
  3. Notula ialah hasil keputusan bersama yang ditulis secara sistematis dari awal sampai akhir kegiatan. Biasa dinamakan Rekam Acara.
  4. Bagian-bagian notula: a. Kepala : judul, topik, hari/tanggal, waktu, tempat pelaksanaan, susunan acara, dan unsur rapat. b. Isi : salam pembuka, pembukaan, pembahasan, dan pembacaan keputusan hasil rapat. c. Ekor : lampiran (daftar hadir dan tanda tangan)
Mengenal Notula | lookadmin | 4.5