Mengemukakan Hal yang Menarik dari Artikel Disertai Alasan

Mengemukakan Hal yang Menarik dari Artikel Disertai Alasan – Siswa dapat menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dengan mengemukakan hal yang menarik dari artikel disertai dengan alasan yang logis.

(https://www.flickr.com/photos/ibnu_sofyan_al-kumango/9151824066 dengan sedikit adaptasi)

Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang mendata pokok-pokok isi artikel. Kalian menentukan pokok-pokok tersebut dengan memahami gagasan dan masalah yang dibahas dalam artikel. Pada topik ini, kalian akan mengemukakan hal yang menarik dari artikel yang telah kalian baca. Selain itu, kalian harus menyertainya dengan alasan yang logis.

Di samping itu, dengan mengetahui pokok-pokok pembahasan, kalian akan lebih mudah memahami hal yang menarik dalam artikel tersebut. Jika dalam artikel membahas tentang korupsi, kalian dapat menjelaskan hal yang menarik dari masalah korupsi tersebut beserta alasannya.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat membaca teks berikut ini.

Bersatu Padu Menangkal Narkoba

Saat ini, warga Ibu Kota dapat melihat kemampuan aparat dalam menekan peredaran narkotika dan obat-obatan berbahaya. Berbagai upaya telah dilakukan aparat untuk mendapatkan para pengedar obat terlarang dan memberikan hukuman yang sesuai. Selain aparat, masyarakat pun harus ikut membantu dalam menangkal narkoba ini.

Narkoba dapat merusak mental, saraf, komplikasi penyakit, dan kematian. Hal ini menjadi masalah yang serius terutama di kota besar Jakarta. Tahanan dan narapidana kasus narkoba di DKI Jakarta semakin meningkat. Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), pada tahun 2013 saja, ada 10.026 orang dan 35.436 kasus narkoba.

Narkoba menyebabkan seseorang dapat mengalami kasus lainnya, seperti kecelakaan lalu lintas. Banyak kasus kecelakaan yang menyebabkan jiwa melayang karena pengemudi kendaraan berada dalam pengaruh narkoba. Bahkan, seiring dengan maraknya kasus narkoba yang kian memprihatinkan, Polda Metro Jaya menggelar razia besar-besaran dengan sasaran kendaraan-kendaraan di jalan atau pun tempat-tempat rawan peredaran.

Selain usaha penangkapan penjahat dan pencegahan masuknya obat terlarang, hukuman mati dimulai mampu memberi efek jera. Sebanyak 71,5 persen responden meyakini, hukuman mati, seperti eksekusi enam pidana mati pada 18 Januari lalu, mampu mengurangi peredaran narkoba. Orang akan menimbang lebih jauh jika hendak bersentuhan dengan barang haram ini.

Pencegahan narkoba tak bisa diserahkan kepada kepolisian sepenuhnya. Masyarakat juga perlu turun tangan. Menurut masyarakat, menjaga keimanan yang dibarengi dengan pemberian pendidikan moral merupakan upaya nomor satu yang bisa dilakukan. Selain itu, peran aktif keluarga mengawasi perilaku anak dan saudara, serta mengomunikasikan bahaya narkoba kepada anggota keluarga juga dinilai penting. Masyarakat harus turut mengawasi lingkungan sekitar dan bekerja sama untuk menciptakan wilayah yang sehat.

Setelah membaca teks tersebut, adakah hal yang menarik yang dapat kalian sampaikan? Pasti masalah tentang narkoba sudah tidak asing lagi untuk dibicarakan dan kalian sering mendengar bahaya narkoba. Narkoba memang seolah-olah menjadi masalah yang tidak ada ujungnya. Saat satu kasus selesai, ternyata masih banyak kasus lainnya. Bagaimana menurut kalian tentang hal ini?

Kalian dapat mengungkapkan hal-hal yang menurut kalian menarik dalam artikel tersebut. Hal itu dapat berupa kesimpulan dari isi bacaan lalu menuliskannya dengan menggunakan bahasa sendiri atau kalian menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap pernyataan yang ada di dalam artikel. Sebagai contoh, bacalah teks berikut yang berisi tenang hal menarik dalam artikel ”Bersatu Padu Menangkal Narkoba”.

Mari kita ulas

Hal yang menarik perhatian saya adalah kasus narkoba di Indonesia ini terus ada, menumpuk, dan seolah-olah sulit selesai karena jaringan pengedaran narkoba yang ada di mana-mana. Masalah narkoba ini bukan lagi masalah bagi polisi dan pemerintah tetapi masalah untuk kita semua sebagai masyarakat. Selain itu, hukuman mati bagi pengedar narkoba menjadi harapan saya agar hukuman tersebut membuat jera para pelaku, terutama yang sudah menjadi buronan internasional.

Hal menarik dari sebuah artikel tidak harus mengemukakan hal yang menyenangkan. Berbagai artikel menyajikan masalah yang berbeda. Hal menarik yang dapat kalian sampaikan bisa berupa kesimpulan dan pendapat kalian tentang masalah yang dibahas dalam artikel tersebut. Tidak lupa, kalian memberikan alasan logis tentang hal yang menarik tersebut.

Poin Penting

Menemukan hal yang menarik dalam sebuah artikel dapat kalian mulai dengan memahami gagasan pokok atau inti pembahasan yang ada dalam artikel tersebut. Kalian dapat mengungkapkan berbagai hal menarik beserta alasannya, baik berupa pernyataan setuju maupun tidak setuju. Hal yang menarik dalam artikel pun dapat menjadi gambaran umum tentang tujuan dari penulisan artikel tersebut. Kita dapat lebih memahami isi artikel dan mengambil hal positif.

Mengemukakan Hal yang Menarik dari Artikel Disertai Alasan | lookadmin | 4.5