Close Klik 2x

Mengembangkan Urutan Adegan Jadi Drama Satu Babak

Advertisement

Mengembangkan Urutan Adegan Jadi Drama Satu Babak – Siswa mampu mengembangkan urutan adegan jadi drama satu babak.

Pengertian Drama
Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang berisi lakon hidup manusia yang ditulis dalam bentuk dialog dan dapat dipentaskan. Pementasan drama disebut dengan teater.

Adegan dan Babak dalam Drama
Adegan adalah bagian terkecil dari suatu peristiwa dalam drama. Adegan merupakan sebuah peristiwa yang melibatkan seorang atau beberapa tokoh dengan latar waktu dan latar tempat yang sama. Adegan-adegan yang berurutan dalam drama bergabung menjadi sebuah babak.

Babak adalah kumpulan adegan dalam sebuah drama. Babak merupakan satuan peristiwa besar dalam drama yang terdiri atas beberapa adegan yang memiliki satu pokok cerita yang sama. Sebuah drama dapat terdiri dari satu babak saja atau beberapa babak.

MENGEMBANGKAN URUTAN ADEGAN JADI DRAMA SATU BABAK
Pada materi sebelumnya, Kalian sudah mempelajari langkah-langkah menyusun adegan dalam drama. Adegan tersebut dapat disusun dari sebuah gambaran peristiwa atau konflik yang terjadi dalam sebuah drama. Peristiwa tersebut harus sesuai dengan tema drama yang telah ditentukan sebelumnya.

Sebuah adegan dalam drama pada umumnya berisi dialog tokoh dengan latar waktu dan tempat yang sama. Meskipun demikian, ada adegan dalam drama yang hanya berisi monolog atau rangkaian gerakan tanpa percakapan. Adegan-adegan dalam drama kemudian digabungkan menjadi sebuah babak. Drama satu babak adalah drama yang hanya terdiri atas satu babak.

Perhatikan Contoh

Perhatikan gambaran peristiwa berikut ini!

Berdasarkan rangkaian peristiwa di atas, susunan adegannya adalah sebagai berikut.

  1. Dani berbicara kepada Badu bahwa dia tidak siap melaksanakan ujian.
  2. Ibu Guru mengetahui bahwa Dani menyontek saat ujian.
  3. Dani menemui Ibu Guru di kantor guru saat jam istirahat.
  4. Dani meminta maaf kepada ibu di rumah.

Keempat adegan tersebut perlu dikembangkan menjadi sebuah dialog. Gabungan dialog dari setiap adegan tersebut membentuk suatu babak. Berdasarkan rangkaian peristiwa di atas, yang disebut drama satu babak adalah drama yang berisi adegan-adegan tersebut (adegan 1 hingga adegan 4) secara utuh.

Berikut pengembangan adegan 1 menjadi sebuah dialog.

Dialog tersebut merupakan adegan 1. Silakan kembangkan dialog untuk adegan-adegan selanjutnya (adegan 2, 3, dan 4) seperti pada contoh. Jika kalian selesai mengembangkan urutan masing-masing adegan tersebut, seluruh adegan tersebut adalah drama satu babak.

Poin Penting

  1. Drama adalah salah satu bentuk karya sastra yang berisi lakon hidup manusia yang ditulis dalam bentuk dialog dan dapat dipentaskan.
  2. Babak merupakan satuan peristiwa besar dalam drama yang terdiri atas beberapa adegan yang memiliki satu pokok cerita yang sama.
  3. Adegan merupakan sebuah peristiwa yang melibatkan seorang atau beberapa tokoh dengan latar waktu dan latar tempat yang sama.
Advertisement
Mengembangkan Urutan Adegan Jadi Drama Satu Babak | lookadmin | 4.5