Close Klik 2x

Menganalisis Pola Urutan Waktu, Ruang, atau Topik dalam Laporan Perjalanan

Advertisement

Menganalisis Pola Urutan Waktu, Ruang, atau Topik dalam Laporan Perjalanan – Siswa Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan perjalanan.

Kamu sudah sering mendengar perjalanan orang lain, bukan? Apalagi pada materi-materi sebelumnya, kamu sudah diperkenalkan dengan contoh-contoh laporan perjalanan. Masihkah kamu ingat contoh-contoh kisah perjalanan itu?

Sebuah laporan perjalanan biasanya berbentuk narasi yang memiliki unsur-unsur berupa rangkaian waktu, ruang, dan topik. Pada pembahasan kali ini, kamu akan belajar cara menganalisis ketiga unsur tersebut. Akan tetapi, sebelumnya, coba kamu simak kembali contoh laporan perjalanan berikut!

Setelah menyimak contoh tadi, mari kita coba analisis pola urutan waktu, ruang, dan objek dari contoh laporan tersebut.

1) Urutan Waktu
Urutan waktu adalah pengembangan laporan dengan memaparkan kegiatan dengan waktu yang runtut. Pola urutan waktu ditentukan juga oleh urutan peristiwa dalam perjalanan.
Selain dengan penulisan tanggal atau hari yang jelas, cara lain mencari pola urutan waktu adalah dengan adanya kata hubung penunjuk waktu, misalnya ketika, setelah itu, dan akhirnya. Perhatikan beberapa pola urutan waktu berdasarkan contoh laporan perjalanan yang telah kamu simak tadi!

  1. Pada hari Senin tanggal 29 April 2014, siswa-siswi SMP 1 Magelang berkumpul ….
  2. Sebelum berangkat, kami semua dibagikan tas kecil dari pihak “Wahana Tour & Travel”.
  3. Sesudah itu kami diberi pengarahan oleh Bapak Hengki Kurniawan selaku pembina.
  4. Setelah kami menerima pengarahan, kami semua harus menunggu kedatangan ….
  5. Beberapa menit kemudian, Bapak Drs. Sulistiyo Permadi pun hadir ….
  6. Sesudah itu kami semua berangkat meninggalkan Kota Magelang …. Urutan waktu selanjutnya bisa kamu analisis dengan cara sama seperti di atas.

2) Urutan Ruang
Urutan ruang atau tempat adalah pengembangan laporan dengan mengurutkan ruang atau tempat yang ada dalam objek yang dilaporkan. Selain dengan penulisan nama tempat yang jelas, cara lain untuk menganalisinya adalah dengan adanya kata depan yang menunjukkan tempat, misalnya di, ke, dan dari. Perhatikan beberapa contoh pola urutan ruang dari contoh laporan sebelumnya!

  1. Objek pertama yang kami datangi adalah Museum PP IPTEK yang berada di kawasan TMII.
  2. Di sana kami dapat melihat, menyentuh, dan mempraktikkan penemuan-penemuan atau percobaan-percobaan.
  3. Kami diberi waktu untuk mengelilingi Museum PP IPTEK selama 1 jam 45 menit.
  4. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju Theatre IMAX Keong Mas yang masih berada di kawasan TMII.
  5. Di sana kami menyaksikan film 3D.
  6. Kami semua melanjutkan perjalanan menuju Kota Bogor.
  7. untuk mengunjungi objek kedua yaitu Taman Safari Cisarua Bogor. Urutan ruang selanjutnya bisa kembali kamu analisis dengan cara sama seperti di atas.

3) Urutan Topik
Urutan topik terdiri atas dua macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Klimaks naik adalah pemaparan hal-hal sederhana bertahap menuju hal-hal bagus atau klimaks. Sebagai contoh, perhatikan penggalan laporan perjalanan berikut!
  2. Klimaks turun adalah penyampaian dimulai dari hal-hal besar berangsur-angsur ke hal-hal kecil/sederhana. Sebagai contoh, perhatikan penggalan laporan perjalanan berikut!
    Pemandangan pada ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut itu sungguh menakjubkan. Di sebelah timur, Kota Garut terlihat samar-samar. Di sebelah barat, perkebunan teh terhampar bagai permadani raksasa. Menghadap ke utara, kami melihat Gunung Puntang berdiri menantang. Lalu di selatan tampak garis biru Lautan Hindia. Hilanglah segala kepenatan sehari sebelumnya setelah lelah mengayuh sepeda.

Poin Penting

  1. Sebuah laporan perjalanan biasanya berbentuk narasi yang memiliki unsur-unsur berupa rangkaian waktu, ruang, dan topik.
  2. Urutan waktu adalah pengembangan laporan dengan memaparkan kegiatan dengan waktu yang runtut.
  3. Urutan ruang atau tempat adalah pengembangan laporan dengan mengurutkan ruang atau tempat yang ada dalam objek yang dilaporkan.
  4. Urutan topik terdiri atas dua macam, yaitu sebagai berikut.
  • Klimaks naik adalah pemaparan hal-hal sederhana bertahap menuju hal-hal bagus atau klimaks, misalnya pada contoh laporan tadi.
  • Klimaks turun adalah penyampaian dimulai dari hal-hal besar berangsur-angsur ke hal-hal kecil/sederhana.
Menganalisis Pola Urutan Waktu, Ruang, atau Topik dalam Laporan Perjalanan | lookadmin | 4.5